Sabtu 04 Jan 2020 01:37 WIB

Jumlah Penumpang Donestik Bandara Kualanamu H+2 8.315 orang.

Terdiri dari 3.242 orang yang datang, dan 5.073 orang berangkat

Pemudik penerbangan domestik tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. (ilustrasi)
Foto: Antara/Septianda Perdana
Pemudik penerbangan domestik tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Jumlah penumpang domestik di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara pada Jumat atau H+2 Tahun Baru 2020 tercatat mencapai 8.315 orang.

Data Posko Natal dan Tahun Baru PT Angkasa Pura II (Persero), Jumat (3/1), menyebutkan dari jumlah 8.315 orang penumpang domestik itu, yakni 3.242 orang yang datang, dan 5.073 orang berangkat. Sedangkan, jumlah pesawat domestik yang datang 31 unit, berangkat 39 unit. Total pesawat 70 unit.

Baca Juga

Dari segi fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara Internasional Kualanamu mampu melayani pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan besar, yakni Airbus A380 dan pesawat sejenisnya. Bandara Internasional Kualanamu juga mampu menampung 35 pergerakan pesawat per jam.

Arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deliserdang pada H-1 masih terlihat cukup ramai, tercatat penumpang pesawat terbang masih tembus di angka 28.000 orang.

Executive General Manager ( EGM) Angkasa Pura (AP) II Kantor Cabang Bandara Kualanamu, Bayuh Iswantoro mengatakan, pada tiga hari terakhir jumlah penumpang di Kualanamu mengalami kenaikan mencapai 28 ribu, yakni 700 orang per hari.

"Bahwa terjadi kenaikan penumpang dari hari-hari biasa itu sekitar 5.000 penumpang," katanya di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang.

Bayuh menjelaskan untuk pergerakan pesawat naik signifikan menjadi 213 pesawat artinya memang dibandingkan dengan hari-hari biasa dilaporkan jumlah kenaikan trafik pesawat penumpang sangat signifikan. Ada penambahan jumlah penambahan penerbangan di maskapai Citilink dua penerbangan.

"Citilink menambah jumlah penambahan penerbangan menjadi dua akibat banyaknya animo masyarakat yang menggunakan transportasi udara untuk Natal dan Tahun Baru 2020 ini," katanya.

Demi kelancaran perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengerahkan 7.000 personel TNI-Polri, menyiapkan 103 pos pengamanan dan 38 pos pelayanan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement