Jumat 03 Jan 2020 08:46 WIB

Banjir di Pasar Baru Surut, Warga Kembali Beraktivitas

Sebelumnya banjir menggenangi kawasan Pasar Baru Jakarta hingga 40 cm.

Red: Nur Aini
Warga mengevakuasi korban banjir di Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta, Kamis (2/1/2020).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warga mengevakuasi korban banjir di Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir yang melanda kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, mulai surut pada Jumat pagi (3/1). Kondisi itu membuat warga yang sebelumnya terisolasi akibat genangan hingga mencapai ketinggian 40 centimeter (cm) mulai beraktivitas normal.

Sebelumnya, banjir menggenangi kawasan Pasar Baru dan membuat akitivitas lumpuh akibat buruknya drainase dan diperparah luberanDungai Ciliwung. Aliran listrik pun mati sejak Kamis pagi.

Baca Juga

Warga terdampak pun teriolasi. Sejumlah warung makan di area itu juga banyak yang tutup sehingga membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan primernya.

Sebagian dari mereka lebih memilih untuk mengungsi ke sanak saudaranya yang dirasa lebih aman. Sejak kondisi sepanjang Kamis cerah, air mulai perlahan surut. Aliran listrik pun kembali normal sejak Jumat Subuh. Jalan yang sebelumnya tidak bisa dilewati kini hanya meninggalkan endapan lumpur.

Saat ini, warga mulai membersihkan sisa-sisa endapan lumpur yang masuk ke dalam rumahnya. Sebagian besar jalan pun telah terbebas dari kepungan banjir.

Menurut penuturan warga, banjir kali ini merupakan yang terparah sejak tiga tahun silam. Sulastri (45 tahun) mengatakan meskipun hujan hanya mengguyur satu hari saja tetapi dampaknya seperti dilanda hujan tiga hari tanpa henti.

"Dulu pernah banjir gini tapi itu setelah hujan berhari-hari. Lah sekarang mah seharian doang tapi langsung banjir," kata dia.

Meski telah surut, bukan berarti warga bisa menurunkan kewaspadaan. Hal itu justru menjadi langkah antisipasi awal menyambut puncak musim hujan yang menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi pada Februari-Maret.

"Sekarang barang-barang elektronik mulai dirapihin, naikin ke lantai dua. Takutnya hujan gede lagi, banjir lagi," ujar Sodikin, warga lainnya.

Sementara kawasan pertokoan Pasar Baru yang juga sempat tergenang, kini kondisinya sudah bebas dari banjir. Akan tetapi, hingga pukul 08.00 WIB banyak toko yang masih tutup. Biasanya pada pukul yang sama para pegawai sudah sibuk merapikan barang dagangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement