Rabu 25 Dec 2019 19:31 WIB

Safari Anies ke Tujuh Gereja: Terima Ulos dan Curhat Banjir

"Selamat memperingati Hari Natal," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat meninjau malam Natal di Gereja Immanuel, Jakarta, Selasa (24/12).
Foto: Republika/Prayogi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat meninjau malam Natal di Gereja Immanuel, Jakarta, Selasa (24/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Selasa (24/12) malam melakukan kunjungan ke beberapa gereja untuk memantau pelaksanaan ibadah malam Natal 2019. Ada tujuh gereja yang mendapat giliran safari Anies pada malam Natal.

Saat mengunjungi Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), di Petojo, Grogol, Anies diberi hadiah ulos oleh Pendeta Albiner Hutauruk. Ulos juga diterimanya saat bertandang ke gereja HKBP Rawamangun.

Baca Juga

"Saya pertama-tama menyampaikan terima kasih sebuah kehormatan mendapatkan kain ulos ini yang rajutan tenunnya luar biasa. Terima kasih kepada bapak-ibu sekalian. Mudah-mudahan pantas, pas," kata Anies, di Gereja HKBP Petojo di Grogol, Jakarta Barat, Selasa.

Selepas dari HKBP Petojo, Anies kembali mendapat kain ulos dari HKBP Rawamangun, Jakarta Timur. Pendeta senior yang mendampingi Anies di gereja tersebut mengatakan bahwa pemberian kain khas batak itu merupakan tanda persatuan antarumat beragama.

"Ini juga sebagai pertanda antara HKBP dan Pak Anies bisa menjadi satu. Kita harus mendukung Bapak Anies selama jadi Gubernur," katanya.

Anies menyatakan kain ulos tersebut akan disimpan di kantor kerjanya di Balai Kota Jakarta. Tidak lupa Anies juga menyampaikan ucapan selamat pada umat Kristiani yang merayakan Natal tahun 2019 dan mengharapkan kedamaian di Jakarta secara umum.

"Selamat memperingati Hari Natal. Semoga kedamaian selalu ada pada diri ibu dan bapak sekalian. Semoga kedamaian ada pada masyarakat kita di Jakarta. Dan semoga Tuhan selalu memberkati kita semua," kata Anies.

Dalam kunjungannya ke Gereja Katolik Santo Kristoforus, Grogol, Jakarta Barat, Anies dicurhati mengenai sejarah banjir di lokasi berdirinya gereja tersebut sehingga muncul nama Kristoforus. Sejarah tersebut disampaikan oleh Pastor Kepala Gereja Santo Kristoforus, Romo Serfi Fangohoei yang menceritakan bahwa gereja telah berusia 56 tahun dengan jumlah jemaat sekitar 12 ribu orang.

"Kami bersyukur Bapak Anies bisa menyempatkan diri ke sini. Sebelum Bapak Anies ke sini, gereja ini selalu kebanjiran," katanya, Selasa.

"Lalu nama Kristoforus itu, di Katolik adalah orang yang menyeberangkan orang. Harapan kami semoga tercapai, kita berharap sebagai warga gereja Katolik mari bekerjasama melakukan apapun untuk kebaikan di tempat ini," kata Serfi Fangohoei, menambahkan.

Mendengar hal tersebut, Anies juga menyinggung persoalan banjir tersebut yang akan diusahakan untuk diselesaikan.

"Bahwa sejarah paroki ini dekat dengan air, katanya tadi nyeberangin orang makanya diberi nama Kristoforus," katanya.

"Katanya mau ada renovasi, ini ada pak Wali Kota Jakarta Barat, kami siap membantu agar perizinannya bisa dipermudah. Doakan juga agar air tidak masuk lagi," kata Anies yang disambut tepuk tangan para jemaat.

Anies juga berharap agar Jakarta bisa bebas bencana banjir secara keseluruhan serta mengharapkan agar perataan Natal ini memberi keteduhan dan kedamaian.

"Natal ini dengan semangat baru antara lain kegiatan Christmas Caroll di sepanjang Sudirman. Semoga perayaan natal ini teduh dan beri kedamaian ada pada kita semua," kata Anies.

Saat kunjungan di Gereja GPIB Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat, Anies berharap jemaat mendoakan agar DKI Jakarta selalu memberi ketenangan dan kedamaian bagi warga. "Malam ini kita semua berkumpul, kami berharap Bapak dan Ibu sekalian mendoakan agar Jakarta memberikan ketenangan dan kedamaian," ujar Anies dalam sambutannya di Gereja GPIB Immanuel.

"Dan kita berharap agar suasana persatuan suasana persaudaraan yang dibangun di kota ini makin erat dan bisa menjadi salah satu contoh di berbagai tempat lain," katanya.

photo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan saat meninjau malam Natal di Gereja Immanuel, Jakarta, Selasa (24/12).

Daftar gereja yang didatangi Anies:

  • Gereja Katolik Santo Kristofarus Jakarta, Jalan Satria IV Kelurahan Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
  • Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Petojo Grogol, Jalan Kyai Tapa, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
  • Gereja Katolik Keluarga Kudus Rawamangun, Jalan Balai Pustaka Baru, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.
  • Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Rawamangun, Jalan Balai Pustaka Baru, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.
  • Gereja Protestan Indinesia Bagian Barat (GPIB) Inmanuel, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat.
  • Gereja Katedral Jakarta, Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.
  • Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Paulus Jakarta, Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Usai meninjau persiapan dan peribadatan malam natal di tujuh gereja di Jakarta, Anies Baswedan berharap persatuan dan kedamaian di Jakarta bisa terjaga. Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Anies menyampaikan Selamat Hari Natal.

"Jadi sore dan malam hari ini sudah ditinjau tujuh gereja diselingi dengan shalat Maghrib di SMK 26 Jakarta, kami merasakan suasana Jakarta yang teduh, aman dan damai. Kami berharap umat kristiani bisa menjalankan ibadatnya dengan baik dan kita harap suasana seperti ini saling menghormati, saling menghargai selalu terjaga di Jakarta," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Artinya, kata Anies, Jakarta berusaha membangun kesetaraan dan kesempatan yang ditekankan untuk mengusahakan persatuan di Jakarta.

"Kami selalu menyampaikan bahwa keberagaman itu adalah takdir Tuhan, persatuan adalah ikhtiar manusia. Karena itu bagian kita adalah mengusahakan adanya persatuan, dan itu juga yang kita ikhtiarkan di Jakarta," ucap Anies.

Anies berharap situasi tersebut akan terjaga di hari-hari berikutnya, setidaknya menjelang perayaan tahun baru.

"Kita semua merasakan malam ini, semuanya lancar, tidak ada masalah, semuanya baik-baik saja, Jakarta terus berada dalam suasana kedamaian, suasana ketenteraman," kata dia.

Tidak lupa Anies juga menyampaikan ucapan selamat pada umat kristiani yang merayakan natal tahun 2019 dan mengharapkan kedamaian di Jakarta secara umum.

"Selamat memperingati Hari Natal. Semoga kedamaian selalu ada pada diri ibu dan bapak sekalian. Semoga kedamaian ada pada masyarakat kita di Jakarta. Dan semoga Tuhan selalu memberkati kita semua," ucap Anies melanjutkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement