Ahad 22 Dec 2019 12:38 WIB

PDIP: Perhatikan Kelestarian Alam untuk Kembangkan Wisata

PDIP mendukung para kepala daerah yang kreatif mengembangkan potensi pariwisata.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers tentang Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers tentang Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDIP menggar rapat koordinasi bidang pariwisata tingkat nasional DPP PDIP di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Ahad (22/12). Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta seluruh  pihak untuk selalu menjaga dan memperhatikan kelestarian alam dalam pengembangan potensi pariwisata.

"Karena tanggung jawab kita bersama untuk merawat alam raya kita," ajak Hasto, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.

Baca Juga

Hasto mendukung para kepala daerah yang kreatif mengembangkan potensi pariwisata. Rencananya Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama akan menyerahkan anugrah Trisakti Tourism Award kepada sejumlah kepala daerah yang aktif kembangkan pariwisata.

"Saya berharap nanti malam semua yang hadir berpakaian daerah. Kita tunjukkan Indonesia itu kaya akan budaya yang bisa dipromosikan dalam meningkatkan pariwisata Indonesia," ujar Hasto.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani dalam sambutannya mengatakan pariwisata Indonesia kalah dengan sejumlah negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Dia mengajak semua pihak bahu membahu meningkatkan potensi wisata Indonesia.

"Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian untuk meningkatkan pariwisata Indonesia. Rakyat juga harus ikut dilibatkan," ucap Wiryanti.

Dalam rakor tersebut digelar juga diskusi panel dengan tema Kepribadian dalam Kebudayaan: Konektivitas dan Sinergitas Pemerintah dalam Pembangunan Pariwisata Daerah di Indonesia. 

Sejumlah menteri ikut hadir dalam diskusi tersebut yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly. Dengan moderatornya Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDIP Andreas Hugo Pareira.

Selain itu, dalam rakor ini juga diadakan pameran pariwisata dan ekonomi kreatif yang menampilkan potensi-potensi pariwisata di daerah dan karya budaya tradisional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement