Jumat 20 Dec 2019 02:00 WIB

Tiga Kelurahan di Jakarta Selatan Rawan Narkoba, Mana Saja?

Hasil riset BNN menunjukkan tiga kelurahan di Jakarta Selatan rawan narkoba.

Artis yang juga tersangka penyalahgunaan narkoba Jefri Nichol tertangkap di Jakarta Selatan. Hasil riset BNN menunjukkan tiga kelurahan di Jakarta Selatan rawan narkoba.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Artis yang juga tersangka penyalahgunaan narkoba Jefri Nichol tertangkap di Jakarta Selatan. Hasil riset BNN menunjukkan tiga kelurahan di Jakarta Selatan rawan narkoba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil riset dari Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan sedikitnya tiga kelurahan di wilayah Jakarta Selatan terindikasi rawan penyalahgunaan narkoba. Manggarai, Manggarai Selatan, dan Pasar Manggis termasuk di dalamnya.

"Ada tiga di Jaksel, itu risetnya BNN pusat, jadi bukan kami yang melakukan riset," kata Kepala BNNK Jakarta Selatan AKBP Mohammad Nasrun di Jakarta Selatan, Kamis.

Berdasarkan data BNNK Jakarta Selatan, jenis narkoba yang rawan disalahgunakan di wilayah tersebut ialah sabu, heroin, dan ganja. Selama tahun 2019 ini, jumlah kasus yang ditangani oleh BNNK Jakarta Selatan dan sudah P-21 atau dinyatakan lengkap sebanyak dua kasus dengan barang bukti sabu seberat 22,01 gram.

"Sesuai target yang dibebankan kepada kami, ada dua kasus. Di luar itu, kami melaksanakan upaya untuk nangkap tidak ada barang bukti, ini kasus yang verbal," katanya.

Untuk kasus penangkapan disertai ada barang bukti dan juga menggunakan, menurut Nasrun, penanganan yang dilakukan adalah pelaku diajukan untuk direhabilitasi. Komedian Nunung dan aktor Jefri Nichol merupakan contoh kasusnya.

"Kasus yang kami ajukan rehabilitasi itu banyak. iIi yang proses verbalnya dua kasus maju ke pengadilan itu yang dilihat karena itu juga kami sesuaikan dengan anggaran," kata Nasrun.

Nasrun mengatakan, BNNK Jakarta Selatan memiliki tugas menyelenggarakan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Dalam menangani permasalahan narkotika, strategi yang digunakan BNNK ialah tindakan preventif guna memberikan kekebalan kepada masyarakat agar mereka imun terhadap penyalahgunaan narkoba.

"Selanjutnya tindakan penegakan hukum yang tegas dan terukur agar sindikat narkotika jera," kata Nasrun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement