Senin 16 Dec 2019 04:10 WIB

Daerah-daerah Ini Waspada Musim Penghujan Sampai Maret 2020

Kemungkinan hujan bisa terus terjadi hingga April 2020.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil
Hujan (ilustrasi)
Foto: ABC News
Hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat daerah-daerah ini  mengalami musim penghujan hingga Maret 2020.

"Menurut BMKG, hujan deras berada di Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan bagian Barat," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo saat dihubungi Republika, Ahad (15/12).

Baca Juga

Dia menambahkan, musim penghujan di wilayah-wilayah itu diperkirakan sampai Maret 2020. Bahkan, ia menyebutkan kemungkinan hujan bisa terus terjadi hingga April 2020. Sementara itu, ia menambahkan wilayah-wilayah lain seperti Jambi, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan lainnya kini masih mengalami musim pancaroba.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan awal musim hujan di sebagian provinsi di Jawa dimulai pada akhir November 2019.

"Awal musim hujan 2019/2020 di wilayah DKI Jakarta, Banten, hingga Jawa Tengah (Jateng) akan didominasi mulai akhir November dan awal Desember 2019," ujar Kabid Diseminasi Iklim & Kualitas Udara BMKG Hary Djatmiko saat dihubungi Republika, Ahad (15/12).

Sementara itu, dia melanjutkan, awal musim hujan di wilayah Jawa Barat (Jabar), DIY Yogyakarta, Jawa Timur (Jatim), Bali, Nusa Temggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi, Papua, dan Kalimantan pada bulan awal hingga pertengahan Desember 2019.

Sementara itu, ia menyebutkan puncak musim hujan tahun 2019/2020 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jateng Bali, NTB, NTT terjadi di bulan Februari 2020. Sedangkan untuk wilayah Jabar, Yogyakarta, Jatim, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan  pada Maret  2020.

"Wilayah yang harus lebih waspada banjir pada bulan puncak musim hujan yaitu pada Januari, Februari hingga Maret  2020, khususnya untuk wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement