Senin 09 Dec 2019 19:17 WIB

Tol Balikpapan-Samarinda Diresmikan Akhir Tahun

Tol diharapkan bisa dilintasi saat musim libur Natal dan Tahun Baru.

Tol Balikpapan-Samarinda akan diresmikan sebelum tahun Natal 2019.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Tol Balikpapan-Samarinda akan diresmikan sebelum tahun Natal 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengungkapkan, Tol Balikpapan-Samarinda akan diresmikan sebelum tahun Natal 2019. Dengan demikian, tol tersebut sudah bisa dilintasi saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Tol Balikpapan-Samarinda sudah bisa dilintasi, karena itu juga sudah masuk di dalam program peresmian oleh Bapak Presiden dan peresmiannya kemungkinan sebelum tanggal 20 atau 25 Desember 2019," ujar Kepala BPJT, Danang Parikesit, di Jakarta, Senin (9/12).

Baca Juga

Sedangkan terkait Tol Manado-Bitung, Danang menyampaikan, tol tersebut akan direkomendasikan fungsional terlebih dahulu. Pihaknya merekomendasikan fungsional untuk seksi I Tol Manado-Bitung.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) di Kalimantan Timur dapat rampung pada akhir 2019. Kehadiran jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kawasan perekonomian baru.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang terdiri atas lima seksi, yaitu, seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 22,025 km, seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,975 km, seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 17,300 km. Kemudian, seksi 4 dari Palaran hingga Jembatan Mahkota II sepanjang 17,550 km dan seksi 5 dari KM 13 hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,500 km.

Sedangkan terkait Tol Manado-Bitung, Kepala Satuan Kerja Pembangunan Tol Giri Yudhono mengatakan pengerjaan konstruksi tol seksi I telah rampung. Di seksi satu, kata dia, dibagi dalam dua segmen yaitu seksi satu A dan satu B, di mana masing-masing seksi sepanjang tujuh kilometer.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement