Rabu 04 Dec 2019 08:46 WIB

KRL Tambah Layanan Bagi Pengguna Disabilitas

KCI memperkenalkan Ruang Pelayanan Disabilitas di Stasiun Juanda

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Penumpang melintasi pintu tiket elektronik Kereta Rel Listrik (KRL) saat tiba di Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (19/8).
Foto: Prayogi/Republika
Penumpang melintasi pintu tiket elektronik Kereta Rel Listrik (KRL) saat tiba di Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertepatan dengan Hari Disabiitas Internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) terus berusaha meningkatkan aksesibilitas layanan bagi para pengguna jasa dengan disabilitas.

VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengungkapkan peningkatan pelayanan tersebut dengan memperkenalkan Ruang Pelayanan Disabilitas yang letaknya berada di pintu utara Stasiun Juanda.

"Pengguna dengan disabilitas dapat memanfaatkan ruangan ini untuk memastikan kebutuhannya saat menggunakan KRL terpenuhi dengan baik," kata Anne dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (4/12).

Di dalam fasilitas ini, sebut dia, pengguna juga dapat menyampaikan masukan seputar layanan disabilitas serta informasi seputar pelayanan PT KCI secara umum.

Selain itu, para pengguna jasa dengan disabilitas juga dapat memanfaatkan layanan khusus disabilitas yakni dengan menghubungi di nomor 081296605747 yang dapat dihubungi melalui telepon, SMS, dan layanan whatsapp.

"Sebelum bepergian menggunakan KRL Commuter Line, pengguna jasa dengan disabilitas dapat menghubungi nomor telepon tersebut dan menginformasikan perkiraan waktu kedatangannya di stasiun keberangkatan," jelasnya.

Selanjutnya petugas di stasiun keberangkatan akan berkoordinasi dengan petugas di dalam KRL maupun petugas di stasiun tujuan.

Petugas akan senantiasa membantu pengguna jasa dengan disabilitas tak hanya sesampainya di stasiun tujuan, tapi juga mengantarkan hingga pengguna hendak menggunakan moda transportasi lanjutan.

Sebelumnya jelas Anne, berbagai fasilitas bagi para pengguna jasa dengan disabilitas sudah tersedia di seluruh stasiun. Fasilitas tersebut antara lain guiding block, kursi roda, ramp portable, kursi prioritas, serta informasi melalui suara maupun visual di kereta dan di stasiun.

Berbagai layanan ini merupakan upaya PT KCI yang juga bersinergi dengan stakeholder, mulai dari komunitas, pengguna, operator, hingga regulator.

"PT KCI yakin layanan KRL Commuter Line akan lebih ramah bagi disabilitas dan tentunya semakin aksesibel bagi seluruh pengguna jasa KRL," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement