Rabu 04 Dec 2019 03:22 WIB

Tokopedia Klaim Ciptakan Ratusan Ribu Lapangan Kerja

Tokopedia mengklaim telah menciptakan 857 ribu lapangan kerja di Indonesia

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chanda Wijaya di Surabaya, Rabu (3/12).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chanda Wijaya di Surabaya, Rabu (3/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perusahaan teknologi asli Indonesia, Tokopedia mengklaim telah menciptakan 857 ribu lapangan kerja di Indonesia, selama 2018 hingga 2019. Lapangan kerja dimaksud tercipta dari penjual aktif atau member Tokopedia, yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Khusus di Jawa Timur, Tokopedia mengklaim telah menciptakan sebanyak 112.488 lapangan kerja dalam kurun waktu tersebut.

"Jadi kalau dirinci, di DKI Jakarta 207.117 lapangan kerja, Jabar 172.348 lapangan kerja, Jatim 112.488 lapangan kerja, Sumut 21.746 lapangan kerja, Bali 25.699 lapangan kerja, Sulsel 7.194 lapangan kerja, NTB 3.001 lapangan kerja dan sebagainya," kata External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chanda Wijaya di Surabaya, Rabu (3/12).

Selain itu, lanjut Ekhel, Tokopedia juga turut berkontribusi terhadap Gross Domestic Product (GDP) Jatim yang besarannya mencapai Rp 9 triliun pada 2018. Ekhel memprediksi, kontribusi Tokopedia terhadap GDP Jatim akan meningkat diprediksi meningkat menjadi sebesar Rp 25 pada 2019.

"Selain itu, Tokopedia turut berkontribusi terhadap total pendapatan rumah tangga Jawa Timur di 2018 yaitu sebesar Rp 3,4 triliun dan di 2019 diprediksi meningkat menjadi Rp 9.6 triliun," ujar Ekhel.

Ekhel juga mengatakan, Tokopedia telah memberikan pengaruh besar untuk perekonomian Indonesia. Selama 2018, GMV (Gross Merchandise Value) Tokopedia telah berhasil menembus angka Rp 73 triliun. Nilai ini diperkirakan naik menjadi Rp 222 triliun pada 2019 atau setara dengan 1,5 persen perekonomian Indonesia.

Ekhel menegaskan, pihaknya berkomitmen menggerakkan perekonomian dalam negeri. Maka, Indonesia akan terus menjadi fokus utama Tokopedia. Dia juga mengklaim, pihaknya selalu berusaha relevan dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal, baik dalam menciptakan peluang, maupun mencapai penghasilan lebih.

"Di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, Tokopedia menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, dan Tokopedia Corner,” ujar Ekhel.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement