Jumat 29 Nov 2019 16:04 WIB

Festival Durian Digelar di Alun-Alun Purwokerto

Petani durian sedang memasuki masa awal musim panen

Festival Durian
Foto: Arif Firmansyah/Antara
Festival Durian

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Penggemar durian di Banyumas bisa datang ke Alun-alun Purwokerto pada Sabtu (30/11). Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas akan menggelar Festival Durian Lokal di lokasi tersebut.

''Dalam festival ini, kami tidak hanya menampung petani durian lokal yang akan menjual hasil panennya. Tapi juga akan ada banyak petani yang menjual berbagai hasil pertaniannya,'' jelas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Widarso, Jumat (29/11).

Dia menyebutkan, petani durian di Kabupaten Banyumas, saat ini sedang memasuki masa awal musim panen. Untuk membantu pemasaran hasil pertanian mereka, Dinpertan KP menfasilitasi para petani untuk menjual hasil panennya melalui kegiatan festival.

''Pada setiap musim panen durian, kami selalu menggelar kegiatan festival durian untuk menfasilitasi hasil panen petani. Melalui kegiatan ini, kami juga berharap durian lokal Banyumas akan makin dikenal masyarakat,'' katanya.

Kepala Bidang Bina Usaha dan Penyuluhan Pertanian Cut Viviani, mengatakan kegiatan festival durin sebenarnya dibuka mulai Jumat (29/11) sore. Pada sore hingga malam, para peserta festival sudah diberi kesempatan untuk menata lapaknya.

Namun pembukaan acara festival, akan dilaksanakan Sabtu (30/11) pagi dan ditutup pada sore harinya. ''Selama kegiatan festival, kami menyelenggarakan bursa penjualan durian dan hasil pertanian lainnya, pembagian bantuan hand sprayer serta pembagian hadiah lomba kepada petani dan PPL berprestasi,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement