Sabtu 07 Jan 2023 16:55 WIB

Lewat Festival, Durian Jadi Ikon Buah Unggulan Lokal Sukabumi

Tujuan festival ini ialah sebagai ajang promosi buah durian.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy nasrun
Buah durian.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Buah durian.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Durian dijadikan sebagai salah satu ikon buah unggulan lokal di Kabupaten Sukabumi. Sebab durian lokal Sukabumi tidak kalah rasa dan kualitasnya dibadingkan durian dari daerah lain.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat membuka Festival Durian Lokal Unggulan Kabupaten Sukabumi tahun 2023 yang digelar di Lapang Cangehgar, Kecamatan Palabuhanratu, Sabtu (7/1/2023). Festival Durian 2023 ini berlangsung selama dua hari dari 7-8 Januari 2023 dengan fimeriahkan dengan kontes durian, bazar durian, lomba merangkai buah, dan aneka olahan buah durian yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

''Buah durian ini merupakan salah-satu ikon buah unggulan lokal Kabupaten Sukabumi yang memiliki rasa dan tekstur daging yang manis dan lembut serta biji yang kecil,'' ujar Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri. Sehingga keberadaanga tidak kalah bersaing dengan produk sejenis dari daerah lainnya.

Pelaksanaan festival durian unggulan ini lanjut Iyos, sebagai salah-satu bentuk dukungan dan kepedulian pemerintah dalam menjaga kelestarian kearifan lokal. Sekaligus meningkatkan pemahaman serta menambah wawasan dan informasi tentang produk-produk durian lokal Kabupaten Sukabumi.

''Alhamdulillah, petani durian bersama dengan dinas pertanian dan kepala perangkat daerah terkait telah mampu membangun sinergi dalam berkarya tanpa batas, berkreasi tanpa henti,'' cetus Iyos. Sehingga mampu menciptakan kreativitas dan membuat inovasi demi menghasilkan karya dalam pelestarian plasma nutfah produk-produk durian lokal Sukabumi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuti Harahap menambahkan, tujuan festival durian ini ialah sebagai ajang promosi buah durian yang menjadi salah satu komoditi unggulan di kabupaten Sukabumi. " Tujuan akhir penyelenggaraan kegiatan festival durian kali ini adalah untuk menemukan varietas durian lokal unggulan Sukabumi yang akan diusulkan menjadi varietas unggulan nasional,'' kata dia.

Sehingga dapat meningkatkan nilai jual, pemasaran serta menaikkan pendapatan petani durian. Hal ini diupayakan salah satunya melalui festival durian 2023.n riga nurul iman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement