Senin 25 Nov 2019 09:50 WIB

Material Longsor yang Tutupi Jalan Agam Selesai Dibersihkan

Material longsor penghalan jalan Agam dibersihkan pada akhir pekan lalu.

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Sekolah MDA, Masjid dan rumah warga yang tertimbun longsor banjir bandang di Jorong Galapuang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (21/11).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Sekolah MDA, Masjid dan rumah warga yang tertimbun longsor banjir bandang di Jorong Galapuang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID, AGAM— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam sudah selesai membersihkan sisa material longsor dan bebatuan yang menutupi jalan  Galapuang pasca bencana banjir bandang di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam pada Rabu (20/11) lalu. 

Pembersihan jalan yang terputus sepanjang 200 meter ini selesai pada Sabtu (23/11) sore. Jalan yang terputus tersebut menghubungan dari Muko-Muko ke Sungai Batang. Jalan ini berada di sepanjang tepian Danau Maninjau.

Baca Juga

"Arus lalulintas yang tertutup sudah normal sejak Sabtu kemarin," kata Kepala BPBD Agam Muhammad Lutfi Ar, Ahad (24/11).

Material longsor yang menutupi jalan tersebut sempat berukuran tinggi tiga sampai empat meter. 

Pemkab Agam dan BPBD menurunkan dua alat berat untuk membersihkan bah dan batu. Jalan tersebut diperioritaskan lebih dulu sejak Kamis (21/11) siang karena menjadi akses penting bagi masyarakat Galapuang.

Selain BPBD, tim yang berkerja di lapangan merupakan anggota dari Satpol PP Damkar, Dandim 0304 Agam, Polres Agam, Baznas, TRC Semen Padang, Rumah Zakat, sejumlah organisasi masyarakat dan warga sekitar.

Pemerintah Kabupaten Agam telah menetapkan status tanggap darurat bencana selama 15 hari terhitung sejak Kamis kemarin. Waktu dua minggu diperlukan untuk tanggap darurat bencana supaya BPBD dapat memastikan tidak ada lagi bencana serupa ke depan.

Bupati Agam, Indra Catri, mengatakan pihak BPBD sedang menyisir titik-titik sumber banjir bandang di bukit Kuduak Banting yang berdiri tegak di dekat pemukiman warga dan Danau Maninjau. "Kami ingin melihat betul ke lapangan. Saya maunya setelah ini tidak ada lagi longsor dan tidak ada lagi bencana," ucap Indra.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement