Rabu 20 Nov 2019 11:07 WIB

Pembangunan BORR Hingga Dramaga Butuh Rp 2,4 T

Pembangunan BORR hingga Dramaga kemungkinan akan disambung ke Bocimi.

Pekerja beraktivitas di area pembangunan proyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi III A ruas Simpang Yasmin - Salabenda sepanjang 2,6 km di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (17/6/2019).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pekerja beraktivitas di area pembangunan proyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi III A ruas Simpang Yasmin - Salabenda sepanjang 2,6 km di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (17/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- PT Marga Sarana Jabar (MSJ) menaksir kebutuhan biaya untuk menyambungkan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) yang membentang di atas Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor, Jawa Barat, ke Dramaga Kabupaten Bogor. Dana yang dibutuhkan mencapai Rp 2,4 triliun.

"Untuk tanahnya 1 kilometer rata-rata sekitar Rp 100 miliar, konstruksinya Rp 300 miliar, diperkirakan Rp 2,4 triliun tanah sama konstruksinya," ujar Direktur Utama PT MSJ, Hendro Atmodjo, Rabu (20/11).

Baca Juga

Ia menyebutkan bahwa pembangunan jalan sepanjang 6 kilometer itu bernama proyek Tol BORR seksi IV. Proyek menghubungkan Salabenda Kota Bogor dengan Dramaga Kabupaten Bogor.

Pada seksi IV, Tol BORR tak lagi berbentuk jalan layang, alias membuka jalur baru dengan pembebasan lahan.

PT MSJ dipercaya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melanjutkan pembangunan Tol BORR setelah merampungkan pembangunan Seksi IIIA yang ditargetkan selesai akhir tahun ini. Seksi IIIB rencananya dimulai pada 2021.

"Kami yang ditugaskan sampai Dramaga. Dengan surat dari BPJT sudah meminta kami untuk meneruskan sampai Dramaga. Kemarin ada wacana meneruskan sampai Bocimi, tapi kita tunggu saja," bebernya.

Meski begitu, menurutnya Tol BORR Seksi IV akan digarap ketika pembangunan jalan Tol Depok-Antasari (Desari) sudah terhubung ke Salabenda. "Kami bangun kalau BORR sudah tersambung dengan Depok-Antasari di Salabenda yang sedang digarap PT Citra. Insya Allah 2022 setelah selesai nyambung, Depok-Antasari di Salabenda," kata Hendro.

Di samping itu, Hendro menyebutkan bahwa sekitar Salabenda akan disulap layaknya simpang susun Cawang, DKI Jakarta. Interchange tersebut akan mengintegrasikan Tol Bogor-Dramaga-Ciawi (Bogaci) dan Depok-Antasari (Desari) yang disebut Jagorawi Dua dengan Tol BORR.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement