Rabu 13 Nov 2019 21:05 WIB

Petugas Damkar Bantu Lepaskan Cincin di Jari Gadis Ciawi

Jari tengah gadis Ciawi itu sudah membiru akibat tersangkut cincin.

Ilustrasi cincin
Foto: Republika/Friska Yolandha
Ilustrasi cincin

REPUBLIKA.CO.ID, CIAWI -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Jawa Barat berhasil membantu warga Ciawi yang datang melapor karena kesulitan melepaskan cincin di jari tengah tangan kanannya, pada Rabu siang. Warga yang masih berusia 13 tahun itu dirujuk oleh puskesmas setempat.

"Yang bersangkutan langsung datang ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, setelah dirujuk dari pihak Puskesmas untuk meminta pertolongan ke petugas piket," ujar Kepala Sektor Ciawi Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Nedri di Bogor.

Menurut Nedri, laporan itu masuk ke kantornya sekitar pukul 10.30 WIB. Petugasnya langsung melakukan penanganan terhadap gadis belia itu dengan proses yang hampir memakan waktu dua jam, menggunakan peralatan berupa benang nylon, gergaji besi, tang, minyak goreng, serta garpu makan.

"Kami memberikan bantuan untuk melakukan pelepasan cincin di jari tengah yang sudah susah untuk dikeluarkan," kata Nendri.

Menurut Nendri, jari tangan gadis itu sudah membiru. Beberapa upaya penanganan yang sempat dilakukan antara lain, memasukkan benang nylon pada sela cincin di jari korban dengan melingkar yang kemudian diputar. Tapi sayangnya upaya tersebut gagal, sehingga petugas terpaksa membelah cincin menggunakan gergaji besi.

"Menggunakan gergaji besi secara perlahan, cincin berhasil dilepaskan oleh anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor Sektor Ciawi," tuturnya..

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement