Selasa 05 Nov 2019 06:50 WIB

Puan Bicara Perdagangan Dunia Global di Forum G-20

Puan mengusulkan konsep perdagangan dunia yang adil dan terbuka.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani menghadiri pertemuan G-20 Parliamentary Speaker’s Summit, di Tokyo. Menanggapi perang dagang Amerika Serikat-China, Puan mengusulkan konsep perdagangan dunia yang adil dan terbuka.

“Perdagangan internasional harus bisa diakses oleh semua pihak, termasuk oleh negara maju maupun negara berkembang, perusahaan besar, atau usaha kecil menengah (UMKM). Sistem perdagangan global yang inklusif harus dapat menjamin bahwa setiap orang mendapat manfaat dari perdagangan internasional,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Senin (4/11).

Baca Juga

Dalam pertemuan tersebut, Puan akan memimpin salah satu sesi yang membahas tema pembangunan sosial berkelanjutan. Puan akan membawakan makalah berjudul: 'Efforts towards Resolution of Global Challenges and Achievements of the SDGs (Financing for Development, Need for Transparent and Effective Government)'.

“DPR RI telah membetuk Panja Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pengalaman-pengalam kita akan saya share di depan para pemimpin parlemen negara-negara maju yang tergabung dalam G-20,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu Indonesia telah menyelenggarakan the World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) selama tiga tahun berturut-turut. “Kita mendorong parlemen negara-negara di dunia untuk terlibat aktif dalam kesuksesan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” jelas Puan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement