Ahad 03 Nov 2019 17:10 WIB

Cerdaskan Demokrasi Warga, KPU Sukabumi Luncurkan Moci

Moci singkatan dari mobil cerdas demokrasi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Logo KPU
Foto: beritaonline.co.cc
Logo KPU

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi meluncurkan mobil cerdas demokrasi (Moci) Ahad (3/11). Keberadaan Moci ini untuk mendorong sosialisasi pentingnya peran serta masyarakat dalam setiap ajang pesta demokrasi.

Peluncuran Moci ini dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di depan Balai Kota Sukabumi, Ahad.  Kegiatan itu dihadiri pula para komisioner KPU Kota Sukabumi.,

Baca Juga

"Kami mendukung naiknya kualitas demokrasi di kota dan salah satunya melalui media Moci,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan. Kondisi ini misalnya ditandai dengan naiknya tingkat partisipasi pemilih dalam setiap pesta demokrasi baik pilkada maupun pemilu.

Menurut Fahmi, banyak warga bertanya setelah pelaksanaan pilpres dan pileg tugas KPU dianggap selesai. Namun kerja dan kinerja KPU harus ditingkatkan dari waktu ke waktu dengan adanya mobil cerdas demokrasi,.

Di mana terang Fahmi, tugas KPU jauh lebih berat lagi pasca pileg dan pilpres, salah satunya sosialisasi harus digerakkan kepada masyarakat. Semangatnya Kota Sukabumi harus menjadi bagian penyelenggaran pemilu dengan persentase terbesar di Jabar.

Saat ini lanjut Fahmi, cikal bakalnya terlihat, sebab ada TPS yang menjadi persentase pemilihnya terbanyak se Jabar dan mendapatkan apresiasi gubernur Jabar. Keberadaan Moci ini diharapkan lebih mampu menyosialisasikan kepada masyarakat.

"Jangan satu tahun menjelang pemilu sosialisasi baru dilakukan namun dari sekarang,’’ cetus Fahmi. Sehingga mereka tahu KPU punya tugas sosialisasi untuk persiapan periode berikutnya.

Selain itu lanjut Fahmi, masyarakat mempunyai informasi dan penyadaran pentingnya peran mereka dalam demokrasi. Harapannya upaya ini bisa menginpirasi KPU lainnya untuk menghadirkan pesta demokrasi yang santun dan saling menghargai.

Komisioner KPU Kota Sukabumi Agung Dugaswara menyebutkan, Mobil Cerdas Demokrasi, merupakan mobil untuk melakukan kegiatan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu. Selain itu menjadi pusat informasi kepemiluan kedua setelah rumah pintar pemilu.

Diharapkan dengan adanya Moci ini dapat menjangkau semua kalangan masyarakat atau segmen agar meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap demokrasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement