Selasa 29 Oct 2019 17:26 WIB

Wali Kota Malang Tekankan Higienitas Produk UMKM

Selain kebersihan, aspek ini juga dapat mendatangkan keuntungan bagi pemilik produk.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Malang Sutiaji bergegas meninggalkan ruangan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (22/4/2019).
Foto: Antara/Reno Esnir
Wali Kota Malang Sutiaji bergegas meninggalkan ruangan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (22/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Wali Kota Malang, Sutiaji menekankan pentingnya higienitas pada produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain kebersihan, aspek ini juga dapat mendatangkan keuntungan bagi pemilik produk.

Sutiaji sebelumnya mendapatkan kunjungan dari Asosiasi Marketing Produk UKM Hebat (AMPUH). Lembaga ini telah berhasil memasarkan 125 UMKM di Jawa Timur (Jatim) termasuk Kota Malang. "Dan itu (125 UMKM) harus ada penekanan higienitas dari UMKM harus tetap dijaga. Karena, terkadang teman-teman UMKM agak sembrono," jelas Sutiaji kepada wartawan di Balai Kota Malang, Selasa (29/10).

Baca Juga

Selain itu, AMPUH juga memohon sinergitas dengan Pemkot Malang dalam hal pendanaan. Kemudian juga dalam hal penjualan dan penitipan produk di ritel-ritel modern. Lembaga tersebut meminta agar penitipan barang di ritel modern tidak terlalu lama sehingga perputaran modal UMKM berjalan lancar.

"Jadi kalau bisa 1,5 bulan. Kalau dia membayar ke UMKM itu satu bulan. Kalau dititipkan tidak lama-lama, sehingga perputaran dari UMKM itu bisa kuat," jelasnya.

Di kesempatan serupa, Ketua DPP AMPUH Jawa Timur, Evita Handayani mengatakan, terdapat banyak hal yang akan disinergikan antara pihaknya dengan Pemkot Malang. Satu di antaranya mendampingi pelatihan kemasan para UMKM. Kemudian sertifikasi, standarisasi, masalah kehalalan dan sebagainya.

Evita mengaku, baru 40 persen produk UMKM-nya yang telah bersertifikasi halal. Oleh sebab itu, dia menggenjot agar seluruhnya dapat mencapai target tersebut. Hal ini setidaknya dapat dilakukan secara bertahap dalam lima tahun ke depan. "Dan kita perlu sertifikat halal, agar bisa lebih menjual," tambahnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement