Senin 28 Oct 2019 16:15 WIB

Trans Jateng Koridor Tiga Sudah Beroperasi

Tarif bus dipatok sangat murah, dan akan dikembangkan di wilayah Jateng lainnya.

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Nora Azizah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Warga Kota Kendal dan sekitarnya mulai hari ini bisa menikmati jasa moda transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah resmi mengoperasionalkan BRT Trans Jateng Koridor III. Bus ini melayani rute Terminal Mangkang (Kota Semarang)- Terminal Bahurekso (Kabupaten Kendal).

“Ada 14 armada BRT Trans Jateng yang akan beroperasi di koridor III Semarang- Kendal ini,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada peluncuran dan peresmian operasional BRT Trans Jateng Koridor III, di Alun- alun Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (28/10).

Baca Juga

Ganjar mengatakan, permintaan masyarakat untuk transportasi umum cukup besar, khususnya dari kalangan pelajar dan para pekerja. Bus massal ini diharapkan bisa menunjang mobilitas warga karena dipatok dengan tarif murah.

Saat ini, bus dibanderol Rp 4.000 per orang, sementara khusus pelajar, purnawirawan (veteran), dan para pekerja hanya dikenakan tarif Rp 2.000 per orang. Saat ini, Pemprov Jateng sudah mengoperasikan 14 armada Trans Jateng.

“Maka, ayu saatnya naik BRT Trans Jateng yang lebih murah. Mudah- mudahan ini bisa membantu, terutama pelajar, buruh dan juga juga pada veteran untuk mendukung aktivitas dan rutinitasnya,” tandas Ganjar.

Pemprov Jawa Tengah, lanjutnya, masih akan mengembangkan moda transportasi aglomerasi dengan BRT Trans Jateng di seluruh wilayah Jawa Tengah. Dengan demikian nantinya seluruh wilayah di Jawa Tengah bisa terkoneksi dengan moda angkutan massal tersebut.

“Kalau tiga tahun, bisa kita buka tiga koridor, nantinya akan disusul dengan koridor yang lain hingga seluruh wilayah di Jawa Tengah bisa terkoneksi oleh layanan BRT Trans Jateng ini,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement