Sabtu 12 Oct 2019 14:37 WIB

Menjajal Kereta Bandara dari Stasiun Manggarai Pulang Pergi

Kereta Bandara memiliki enam rangkaian dengan kapasitas 272 kursi.

Masinis mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (4/10).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Warga mengantri membeli tiket saat uji coba Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12).

Pengguna KA Bandara yang berasal dari transit KRL commuterline setelah turun dari kereta di Stasiun Manggarai bisa langsung berpindah menuju peron sembilan dan sepuluh yang barada sisi barat.

Bagi yang sudah melakukan pembelian tiket KA Bandara secara online dapat mencetak tiket terlebih dahulu di mesin pembelian tiket (vending machine) yang tersedia di Stasiun Manggarai.

Jika sudah memiliki cetakan tiket, pengguna tinggal tap out di mesin portabel yang ada di pintu peron sembilan masuk menuju KA Bandara. Jangan khawatir ada petugas yang akan membantu mengarahkan penumpang KRL untuk tap out dan men-scan barcode tiket KA Bandara.

Sedangkan untuk penumpang yang belum memiliki tiket, setelah ‘tap out’ terlebih dahulu, langsung naik lantai dua untuk membeli tiket, tersedia escalator dan lift yang bisa diakses oleh penyandang disabilitas.

Di lantai dua tersebut tersedia sejumlah mesin pembelian tiket, pembayarannya dilakukan secara elektronik dengan pilihan debit kredit atau prabayar (prepaid) menggunakan uang elektronik.

Untuk mengakses mesin pembelian tiket ini cukup mudah, komputer layar sentuh tersebut menyediakan menu pilihan pembelian tiket, jika kesulitan ada petugas layanan KA Bandara yang siap membantu pengguna.

Berikut tahapannya : tekan pilihan ticket pada layar, lalu muncul pilihan buy ticket atau beli tiket. Pilihlah tiket regular atau regular ticket. Setelah itu tampilan gambar berpindah ke slide berikutnya yakni tujuan keberangkatan, tampilannya seperti gambar ular tangga.

Dari Stasiun Manggarai pengguna dapat memilih Stasiun Bandara Soekarno Hatta sebagai tujuan pilihan dengan memecet tombol pada layar sentuh bertuliskan Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Begitu juga sebaliknya dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta-Stasun Manggarai.

Selanjutnya tampilan layar berubah menampilkan pilihan jadwal kereta yang akan dinaiki, total ada 34 perjalanan dengan nomor KA serta jam keberangkatan.

Pengguna tinggal menekan salah satu pilihan jadwal keberangkatan secara otomatis sistem akan memproses pesanan, jangan lupa untuk memasukkan pilihan jumlah orang, selanjutnya baru menekan tombol booking.

Sebelum pembayaran dilakukan, sistem pada mesin akan meminta nomor telepon pemesan terlebih dahulu, hal ini untuk memudahkan pihak KA menghubungi pengguna jika keretanya sudah tiba.

Setelah memasukkan nomor telepon, tinggal tekan tombol next atau berikutnya, dan pilihan transaksi pembayaran. Untuk pembayaran menggunakan uang elektronik tinggal menekan tombol prepaid, begitu juga untuk debit kredit.

Setelah pembayaran dilakukan tiket akan keluar secara otomatis dari mesin print, ada dua lembar kertas yang dicetak pertama tiket dan yang kedua bukti pembayaran.

Jika sudah terbiasa beli tiket kurang dari lima menit, pengguna bisa menuju kereta di peron sembilan, petugas dengan mesin scanner portable akan memeriksa tiket setelah itu silahkan turun menggunakan lift atau tangga berjalan.

Untuk pengguna dari Lobi Barat Stasiun Bandara Stasiun Manggarai lebih simple karena langsung diarahkan ke lantai dua tempat ruang tunggu dan pembelian tiket, naiknya bisa menggunakan tangga berjalan atau lift juga tersedia.

Harga tiket KA Bandara saat ini masih promosi dibandrol Rp 40 ribu, promo ini akan berakhir pada tangngal 31 Oktober 2019. Setelah promo berakhir tiket regular kembali normal Rp 70 ribu per orang.

KA Bandara tidak hanya melayani penumpang dengan tujuan akhir Bandara Soetta tapi juga penumpang umum KRL yang ingin Sudirman maupun Duri, dan Batu Ceper setiap harinya. KA Bandara jadi pilihan commuters menuju Stasiun Sudirman Baru dan Duri dengan fasilitas seperti kereta eksekutif.

Tarif pengguna umum ini masih promo yakni Rp 10 ribu bagi penumpang dari Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru, normalnya Rp 35 ribu. Untuk penumpang yang turun di Stasiun Duri tarifnya cuma Rp 15 ribu, dan untuk sampai Stasiun Batu Ceper Rp 40 ribu.

"Prioritas utama penumpang Bandara Soetta, tapi KA Bandara juga melayani penumpang commuterline," kata Vice President Commercial PT Railink, Fitri Kusumo Wardhani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement