Senin 07 Oct 2019 12:28 WIB

KA Bandara dari Manggarai Resmi Beroperasi

KA Bandara ini efektif layani naik turun penumpang mulai tanggal 5 Oktober 2019 lalu.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Andi Nur Aminah
Masinis mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (4/10).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Masinis mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stasiun Manggarai kini telah resmi melayani perjalanan kereta api menuju Bandara Soekarno Hatta. Stasiun tersebut dianggap terintegrasi dengan moda transportasi lain untuk perjalanan dari dan ke kereta pengumpan seperti commuter line hingga kereta jarak jauh.

“KA Bandara efektif layani naik turun penumpang per tanggal 5 Oktober 2019 ini, sudah sejak lama ditunggu karena pembangunan stasiun dari Dirjen KA yang memang seharusnya KA Bandara Jakarta stasiun asal dari Manggarai,” kata VP Commercial Fitri Kusumo Wardhani, Senin, (7/10).

Baca Juga

Ia juga mengatakan, posisi Stasiun Manggarai sebagai stasiun pengumpan membuatnya relatif lebih baik dibandingkan Stasiun BNI City. “Perkiraan kami, untuk operasional layanan naik turun penumpang KA Bandara di Stasiun Manggarai, berdampak dengan kenaikan penumpang lima sampai 10 persen,” ujarnya.

Setiap keberangkatan KA Bandara target 600 sampai dengan 700 penumpang perhari, untuk keberangkatan dari Stasiun Manggarai. Kereta akan tersedia setiap 30 menit sekali dan ada sekitar 34 perjalanan dalam sehari.

Untuk keberangkatan KA bandara ini, beroperasi dengan keberangkatan pertama pukul 05.10 WIB dan terakhir pukul 21.40 WIB. Untuk arah sebaliknya dimulai pukul 06.20 WIB dan pemberangkatan terakhir dari Bandara adalah pukul 23.20 WIB.

Terlihat dari pantauan, pada pukul 08.59 WIB hanya terdapat 15 penumpang yang akan memasuki KA Bandara dari Stasiun Manggarai. Kemudian pada pukul 09.40 WIB terdapat sembilan penumpang yang akan berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Stasiun Manggarai.

Fasilitas yang tersedia di Stasiun Manggarai sudah sangat mendukung seperti, kemudahan akses pembelian tiket. Namun, masih ada beberapa fasilitas yang masih belum 100 persen dapat digunakan, seperti halnya petunjuk pintu masuk yang masih melalui pintu commuter line.

Masih terlihat alat berat di sekitar stasiun yang digunakan untuk penertiban dan pembongkaran bangunan, agar pintu masuk yang sangat terbatas hanya lima sampai enam meter dapat diperluas. Serta parkiran di Stasiun Manggarai yang masih sangat terbatas.

Rute baru KA Bandara sudah tersedia dari Stasiun Manggarai. Untuk saat ini kereta bandara melayani total lima stasiun. Empat lainnya adalah Stasiun BNI City, Duri, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement