Kamis 09 May 2024 16:30 WIB

Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih, Daop 8 Surabaya Operasikan Tiga Kereta Api Tambahan

Kereta Api akan menyiapkan layanan terbaik menyambut libur panjang.

Rep: Dadang Kurnia, Lilis Sri Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Sejumlah penumpang kereta api berjalan keluar.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang kereta api berjalan keluar.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- KAI Daop 8 Surabaya bakal mengoperasikan kereta api tambahan saat libur panjang kenaikan Isa Almasih pada Kamis (9/5/2024) hingga Ahad (12/5/2024). Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, secara keseluruhan pihaknya mengoperasikan 47 perjalanan kereta api pada libur panjang tersebut. 

"KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 47 perjalanan kereta api, yang terdiri dari 43 kereta jarak jauh regular dan tiga kereta api jarak jauh tambahan, dan satu kereta lokal komersial tambahan," kata Luqman, Rabu (8/5/2024).

Baca Juga

Luqman menjelaskan, kereta api jarak jauh dan kereta lokal komersial tambahan yang dioperasikan di Daop 8 Surabaya pada periode tersebut adalah KA Malioboro Ekspres relasi Malang-Purwokerto; KA Malabar relasi Malang-Bandung; KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta; dan KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng-Malang. 

Luqman mengungkapkan, pihaknya mencatat ada 59.324 pelanggan yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya pada Rabu (8/5/2024) hingga Ahad (12/5/2024). Jumlah okupansi pelanggan diyakininya masih akan terus meningkat karena penjualan tiket masih berlangsung.

"Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," ujarnya.

Cirebon

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon menyiapkan 17.660 tempat duduk perjalanan KA yang akan beroperasi pada periode libur panjang Kenaikan Isa Al-Masih. Yakni, mulai Rabu (8/5/2024) hingga Senin (13/5/2024).

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, selama masa libur p;anjang tersebut, pihaknya menyiapkan tiga perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir dan satu perjalanan KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember.

‘’Kami juga menyiapkan satu perjalanan KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan – Semarang Poncol dan dua perjalanan KA Kaligung relasi Brebes – Semarang Poncol,’’ ujar Rokhmad, Rabu (8/5/2024).

Rokhmad menjelaskan, pada Rabu (8/5/2024) dan Ahad (12/5/2024), KAI Daop 3 menyiapkan perjalanan KA Argo Cheribon (29F) relasi Cirebon-Gambir, dengan menyediakan 980 tempat duduk. Hal itu ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan ini. 

‘’Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,’’ kata Rokhmad.

 

Rokhmad mengungkapkan, dengan menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan menghantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement