Selasa 01 Oct 2019 21:54 WIB

Puan Ingin Jadi Inspirasi Bagi Perempuan-Perempuan Indonesia

Puan terpilih menjadi ketua DPR pertama di Indonesia.

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilu 2019 telah mengusulkan Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI 2019-2024. Puan pun telah dilantik menjadi ketua DPR pada Selasa (1/10) malam.

Putri presiden kelima ini menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR setelah 74 tahun Indonesia merdeka.

Baca Juga

Sebagai Ketua DPR perempuan pertama, Puan berharap bisa menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia. Dia mengatakan, penunjukan dirinya sebagai pimpinan DPR menunjukan jika politik bukan suatu hal yang tabu bagi perempuan.

"Politik itu dinamikanya berkembang, sangat dinamis, dan ternyata bisa juga menghasilkan perempuan-perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indonesia," katanya lewat keterangan tertulis. 

Pelantikan Puan bersama jajaran pimpinan DPR lainnya digelar di Ruang Rapat Paripurna DPR RI. Pelantikan Puan disaksikan oleh Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Megawati yang juga hadir selaku Ketua Umum PDIP dan ibunda Puan Maharani, didampingi sejumlah pejabat utama partai seperti Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto dan politikus senior PDIP Pramono Anung.

Ketua Sementara DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe memimpin sidang paripurna untuk melantik Puan Maharani. Puan dilantik nersama wakil ketua DPR RI yang akan diisi oleh Aziz Syamsuddin dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Rahmat Gobel dari NasDem, dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dari PKB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement