Ahad 29 Sep 2019 06:30 WIB

Gempa 3,7 SR Guncang Manokmari Papua Barat

Gempa di Manokwari tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Red: Nur Aini
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Gempa bumi berkekuatan 3,7 skala Richter mengguncang kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Ahad pukul 05.54 WIT. Namun, gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan, gempa bumi tersebut terjadi pada koordinat 1.59 lintang selatan dan 134.28 bujur timur yang berjarak 84 km tenggara kabupaten Manokwari dengan kedalaman 10 km. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar.

Baca Juga

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme penyesaran normal. Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah kabupaten Manokwari.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga diminta memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement