Senin 23 Sep 2019 21:33 WIB

BMKG Prakirakan Sumatra dan Kalimantan Hujan Lebat Pekan Ini

BMKG memprakirakan hujan lebat terjadi di beberapa wilayah berikut ini sepekan depan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Metereologi,  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi perubahan atmosfer yang signifikan sejak tanggal 21 September 2019. Perubahan kondisi atmosfer tersebut berupa pelemahan desakan massa udara kering dari wilayah selatan Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo mengatakan pelemahan desakan massa udara kering mengakibatkan daerah massa udara basah yang sebelumnya cenderung berada di utara Indonesia kini cenderung meluas ke wilayah Indonesia bagian selatan.

"Jika dilihat dalam skala yang lebih luas, daerah tekanan rendah di Teluk Benggala memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap perubahan pola angin di wilayah Indonesia," katanya dalam siaran pers, Senin (23/9).

Ia menyebut sejak tanggal 21 September 2019, pola angin di wilayah Indonesia tidak lagi didominasi dari arah tenggara hingga selatan tetapi cenderung dari arah timur. Diprakirakan pada tanggal 23 September 2019 daerah tekanan rendah di Teluk Benggala tersebut mengalami penguatan.

Akibatnya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) diprakirakan akan terbentuk memanjang di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kep. Riau, Riau, Jambi, dan Bangka Belitung. "Keberadaan daerah konvergensi ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Kalimantan dan Sumatra," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan atmosfer skala lokal menunjukkan kondisi yang mendukung terbentuknya awan hujan. "Indeks labilitas atmosfer di sebagian besar wilayah Kalimantan dan Sumatra mengindikasikan kondisi atmosfer yang mendukung untuk terbentuknya awan hujan dalam sepekan ke depan," tambahnya.

BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut ini:

Periode 23-26 September 2019

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

5. Kep. Riau

6. Jambi

7. Bengkulu

8. Sumatera Selatan

9. Kep. Bangka Belitung

10. Kalimantan Barat

11. Kalimantan Tengah

12. Maluku Utara

13. Papua Barat

14. Papua

Periode 27-30 September 2019

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

5. Jambi

6. Kep. Bangka Belitung

7. Kalimantan Barat

8. Kalimantan Tengah

9. Kalimantan Timur

10. Sulawesi Tengah

11. Sulawesi Barat

12. Sulawesi Tenggara

13. Sulawesi Selatan

14. Maluku Utara

15. Maluku

16. Papua Barat

17. Papua

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement