Ahad 15 Sep 2019 19:00 WIB

Pembangunan Daerah Diyakini Butuh KPK yang Kuat

KPK kuat dibutuhkan untuk menjaga aset dan sumber daya daerah.

Anggota DPR Tamsil Linrung (tengah)
Foto: istimewa/dpr
Anggota DPR Tamsil Linrung (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Tamsil Linrung mengatakan keberadaan KPK yang kuat sangat dibutuhkan. Keberadaan KPK dari aspek pembangunan daerah, berperan cukup penting dalam menjaga aset-aset dan sumber daya daerah, sehingga dapat dioptimalkan untuk kepentingan rakyat.

“Kita lihat banyak kepala daerah yang berurusan. Itu tentu warning agar tidak main-main dengan pengelolaan daerah,” kata Tamsil, dalam diskusi bertajuk Penguatan DPD RI ; Siapa Layak di Kursi Pimpinan? di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/9).

Meski begitu, Tamsil mendukung bahwa KPK memang harus memiliki Dewan Pengawas. Sebab dalam negara demokrasi modern, tidak boleh ada lembaga yang mengakumulasi semua bentuk kewenangan.

Justru rentan menimbulkan penyelewengan jika KPK dengan kewenangan yang besar namun tidak ada lembaga yang mengnawasi. Tidak sehat dalam kerangka bernegara, imbuh Tamsil.

Tamsil berharap, agar para senator bersikap terhadap situasi KPK saat ini. Sebab bagaimanapun, KPK masih dibutuhkan dalam mengawal agenda pembangunan nasional yang berbasis pada pemerataan pembangunan di berbagai daerah.

Terkait namanya yang mencuat di bursa kandidat pimpinan DPD, Tamsil optimistis, ide DPD Berdaya yang ditawarkan mendapat sambutan luas. “Iya, dukungan mengalir. Kita terus mengkomunikasikan ide dan narasi agar DPD dapat berkiprah lebih baik sesuai espektasi masyarakat,” kata Tamsil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement