Rabu 11 Sep 2019 06:01 WIB

10 Kecamatan di Kabupaten Bandung Barat Alami Kekeringan

Bantuan air bersih disalurkan untuk warga.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Kekeringan
Kekeringan

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bandung Barat mengungkapkan, 10 kecamatan mengalami kekeringan akibat kemarau. Air bersih pun terus disalurkan kepada warga yang telah mengajukan bantuan penyaluran melalui tanki.

"Titik kekeringan yang dilaporkan camat ada 10 kecamatan di antaranya Cipatat, Sindangkerta, Cipongkor, Cihampelas, Padalarang, Cisarua, dan Batujajar. Tapi belum tentu mengajukan permohonan bantuan air," ujar Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo, Selasa (10/9/2019).

AYO BACA : Kekeringan Persawahan Karawang Diperparah Pendangkalan Irigasi Tertier

Sejauh ini, ia menjelaskan, pihaknya sudah mendistribusikan 22 tanki ke delapan kecamatan yang membutuhkan dan mengajukan permohonan air bersih. Menurut dia, pihaknya fokus menyalurkan air bersih kepada rumah tangga.

BPBD pun, lanjutnya, telah menetapkan status siaga darurat sejak 1 Agustus hingga 31 Oktober 2019. BPBD sudah berkoordinasi dengan berbagai lapisan untuk melakukan antisipasi kekeringan.

AYO BACA : Kekeringan, Kementan Tak Akan Impor Beras Hingga Akhir Tahun

"Kita lakukan penyaluran air melalui quick respon atau langsung oleh BPBD maupun bekerja sama dengan ACT. Kami stand by bagi yang memerlukan bantuan air bersih," katanya.

Dia menyebutkan, telah mendistribusikan air ke wilayah Kecamatan Cisarua kurang lebih 2 tanki terakhir kali. Ia mengimbau masyarakat agar tetap berkoordinasi apabila kekeringan terjadi dan semakin meluas di wilayahnya.

Ketua RW 08, Kampung Sindangsari, Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung, Asep Suhendar mengungkapkan, aktivitas pertanian di wilayah tersebut berjalan hanya 30 persen. Mereka yang bertani menggunakan air yang dikelola secara swadaya.

"Sekarang yang pertanian cuma 30 persen menggunakan air yang dikelola swadaya. Kalau yang enggak punya mah (air) nggak tani," katanya.

AYO BACA : Sumur Wakaf Dusun Grogol Alirkan Air ke Warga

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement