Kamis 05 Sep 2019 22:42 WIB

Soal Papua, Prabowo Ajak Masyarakat Jaga Kekompakan

Prabowo membicarakan persoalan Papua dalam pertemuan dengan Hendropriyono.

Rep: Febrianto Adi Saputro, Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Suasana Pelabuhan Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Senin (2/9/2019).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Suasana Pelabuhan Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Senin (2/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan persoalan Papua menjadi salah satu yang dibahas dalam pertemuannya dengan mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, Kamis (5/9). Untuk itu, ia mengajak masyarakat agar terus menjaga kekompakan di tengah kondisi Indonesia saat ini.

"Kita sebagai bangsa harus kompak, harus sejuk saling bantu jangan saling mencari kesalahan," kata Prabowo, Kamis (5/9).

Baca Juga

Prabowo meyakini pemerintah sudah merancang rencana dengan baik untuk menyelesaikan persoalan di Papua. Ia pun mengaku siap memberikan solusi dan pandangan yang konstruktif agar Papua bisa kembali kondusif.

"Yang saya serukan adalah kita harus kompak mendukung pemerintah dalam soal kedaulatan tidak ada perbedaan pandangan, kita semua bersatu," ujarnya.

Sementara itu, Hendropriyono sepakat dengan apa yang disampaikan Prabowo. Menurutnya yang harus dilakukan saat ini bukanlah saling menyalahkan. "Sekarang harus kompak, bersatu," ajak eks Ketua Umum PKPI tersebut. 

Keduanya sempat melakukan pertemuan tertutup selama tiga jam. Usai pertemuan Prabowo dan Hendropriyono menyambangi wartawan yang sedari tadi sudah menunggu di sekitaran komplek kediaman Hendropriyono di Senayan Residence, Jakarta. 

Sekretaris Jenderal PKP Indonesia Verry Surya Hendrawan mengatakan masyarakat perlu meneladani pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI AM Hendropriyono pada Kamis (5/9) malam ini. Pertemuan itu menunjukan dua orang yang berbeda pilihan politik tetap menjunjung tinggi persatuan.

"Betapa pun kerasnya perbedaan politik, pada akhirnya kita adalah saudara sebangsa dan setanah air, Yang wajib menjunjung tinggi persatuan Indonesia," ujar dia dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (5/9).

Verry Surya juga mengapresiasi pertemuan AM Hendropriyono dengan Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu. Verry Surya mengatakan, pertemuan para tokoh tersebut menandakan jiwa patrotik dan kenegarawan dari para tokoh.

"Ini bentuk sangat nyata dari jiwa patriotik dan kenegarawanan dari ketiga tokoh bangsa panutan," kata dia.

Sebelumnya, Prabowo dikabarkan akan bertemu dengan AM Hendropriyono malam ini. Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, pertemuan keduanya pertemuan antara sesama purnawirawan.

Pertemuan keduanya digelar di kediaman AM Hendropriyono. "Karena Pak Hendropriyono senior, maka untuk menghormati, Pak Prabowo Subianto yang ke rumah beliau," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement