Senin 02 Sep 2019 11:29 WIB

Makan Banyak Korban, KAI Peringatkan Swafoto di Rel KA

Belasan kasus swafoto di rel kereta berujung maut selama 2019 ini.

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops 6 Yogyakarta mencatatkan belasan kasus swafoto di areal rel Kereta Api (KA) berujung maut selama periode Januari-Agustus 2019 ini. Angka tersebut termasuk dalam kategori mempeihatinkan karena kasus terpantau berdasarkan laporan dari pihak kepolisian ataupun dari media massa.

“Bisa jadi yang tidak terpantau oleh kami lebih banyak. Jumlahnya sangat memprihatinkan ya, apalagi rata-rata korbannya adalah usia remaja. Bahkan anak-anak belasan tahun juga tidak sedikit,” urai Manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, Minggu (1/9/2019).

Eko menengarai, semakin hari aksi swafoto yang dilakukan demi mendapatkan aksi viral semakin berani.

“Berswafotp sampai menjorok mendekati KA yang tengah melintas. Itu sangat berbahaya. Dan hampir semua kasus swafoto ini korbannya meninggal dunia karena tertemper KA. Kalau toh ada yang selamat pasti mengalami trauma hebat,” imbuhnya.

Bahkan, lanjut Eko, ada aksi swafoto di areal rel KA yang ekstrim seperti ngetril di jalur rel, menggantung di jembatan rel, hingga tiduran di atas rel.

“Ada yang tiduran hingga kereta melintas, saat bangun lalu dikasih tepuk tangan teman temannya yang merekam. Kami mendapat informasi terkait kejadian semacam itu dari Kepolisian atau media massa yang memberitakan. Dalam hal ini, masinis justru tidak tahu karena fokus menjalankan kereta sesuai prosedur,” paparnya.

Terkait hal iti, PT KAI gencar memberikan himbauan agar masyarakat tidak mendekati jalur rel, terutama yang padat frekuensi KA melintas. Mulai dari memasang rambu rambu larangan hingga membuat pagar pembatas. Sebab di titik titik tertentu, menjadi lokasi berkumpulnya warga untuk menonton KA melintas.

“Kami menghimbau agar orang tua mawas dalam mengawasi anaknya. Jangan sibuk main HP, sementara anaknya dibiarkan bermain di pinggiran rel,” kata Eko.

The post appeared first on Joglosemar News.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement