Sabtu 24 Aug 2019 23:21 WIB

Gempa Melanda Malasari, Kabupaten Bogor Sabtu Dini Hari

Gempa tektonik melanda wilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gempa tektonik melanda wilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya, Sabtu (24/8/2019) dini hari, tepatnya pukul  00:52:39 WIB. 

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi bermagnitudo 2.7 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.78 LS - 106.53 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 27 km Barat Daya Kabuoaten Bogor dengan kedalaman 12 kilometer.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal Cluster Bogor," tulis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendor Nugroho dalam rilisnya. 

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan dari masyarakat dirasakan  di wilayah Malasari, Kecamatan Nanggung, dengan Skala Intensitas I - II MMI.  

"Dampak dari rentetan gempa gempa swarm ini dilaporkan adanya kerusakan bangunan di dekat lokasi pusat gempa yaitu daerah Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor sebagai dampak gempa bumi tersebut," sebutnya. 

Ia mengatakan, "Hingga laporan ini dibuat pukul  01:20 WIB, hasil monitoring BMKG terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2019 sudah ada 81 event gempa yang terjadi di wilayah tersebut."

Hasil analisis BMKG sementara disimpulkan bahwa gempa-gempa yang  terjadi pada cluster Bogor ini merupakan gempa bumi swarm.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement