Senin 19 Aug 2019 09:08 WIB

1.793 Gapura Terdaftar dalam Festival Gapura Cinta Negeri

Ke-1.793 gapura lomba HUT RI tersebut akan dilakukan penilaian oleh kurator.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Elba Damhuri
Tampak depan gapura yang dihias serba merah putih menyambut perayaan 17 Agustus.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Tampak depan gapura yang dihias serba merah putih menyambut perayaan 17 Agustus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 1,793 Gapura Terdaftar dalam Festival Gapura Cinta Negeri. Data tersebut diambil hingga batas waktu pendaftaran pada Sabtu (17/8) pukul 23.59 WIB. Ke-1.793 Gapura tersebut terdiri dari dua kategori dengan rincian, sebanyak 1.456 gapura berdasarkan kategori umum dan 337 kategori lembaga.

Selanjutnya, 1.793 gapura tersebut akan dilakukan penilaian oleh kurator yang telah resmi dikukuhkan oleh Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo. Para kurator akan mengakurasi setiap foto maupun dokumentasi yang diunggah ke halaman website www.gapuracintanegeri.com.

"Hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 panitia kurasi (kurator), untuk selanjutnya para kurator akan menyeleksi 50 final gapura Kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi. Kemudian 60 finalis tersebut akan dinilai oleh Dewan Juri," kata Hadi dalam siaran pers, Ahad (18/8).

Ia menyebut kriteria penilaian antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan. Untuk para pemenang disediakan 15 piala dan total uang hadiah Rp 1 Miliar.

"Hadiah terbesar 1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta," ujar Hadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement