Kamis 15 Aug 2019 14:43 WIB

Mendagri Imbau Masyarakat Saksikan Pidato Kenegaraan Jokowi

Rencananya dalam pidato itu akan disampaikan pengumuman ibu kota baru Indonesia.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau masyarakat untuk menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (16/8) pagi. Dalam pidato tahunan ini rencananya akan disampaikan pengumuman ibu kota baru Indonesia.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 111.1.7937/SJ tertanggal 15 Agustus tentang imbauan menyaksikan pidato tahunan, pidato kenegaraan, dan nota keuangan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 oleh Presiden. "Untuk mendukung upaya penyebarluasan informasi terkait kegiatan yang dimaksud, diimbau agar dapat memerintahkan jajaran pemda untuk menyaksikan seluruh rangkaian pidato tahunan, pidato kenegaraan dan nota keuangan RABPN 2020 oleh Presiden," ujar Tjahjo sebagaimana dikutip dari SE tersebut, Kamis (15/8).

Baca Juga

Tjahjo pun mengimbau pemda untuk menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat. "Menugaskan pejabat yang membidangi kehumasan untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat luas kegiatan kenegaraan yang dimaksud di daerah masing-masing," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, menjelang detik-detik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan. Rencananya, pidato yang mengangkat tema "SDM Unggul, Indonesia Maju" akan disampaikan di Ggedung MPR, Senayan, Jumat pagi. 

Dalam pidato tersebut juga akan dibacakan nota keuangan dan RAPBN 2020. Sementara itu, menurut Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, dalam pidato nantinya juga akan diumumkan wilayah Kalimantan mana yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement