Sabtu 10 Aug 2019 22:42 WIB

Para Pelaku IKM di Depok Diberi Pelatihan Kriya

Pemkot Depok ingin membuat variasi produk kerajinan

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Elba Damhuri
Sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) menunjukan sertifikat halal di Kantor Wali Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (31/1/19).
Foto: Antara/Kahfie Kamaru
Sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) menunjukan sertifikat halal di Kantor Wali Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (31/1/19).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Sebanyak 30 pelaku Indusri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Depok dibekali Pelatihan Kriya. Pelatihan yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas usaha pelaku IKM di bidang kerajinan (craft).

"Kami ingin membuat variasi produk kerajinan yang ada di Kota Depok dengan kombinasi bahan kain dan anyaman dari serat alam sehingga  produk yang dihasilkan lebih bervariasi," ujar Kepala Bidang Perindustrian, Disdagin kota Depok, Martinho Vaz, di Balai Kota Depok, Jumat (9/8).

Menurut Martinho, pelatihan ini diadakan selama empat hari, 6-9 Agustus 2019. Dengan menghadirkan narasumber dari YL Handycraft Yogyakarta. "Mudah-mudahan pelatihan ini semakin memperkaya produk IKM Depok sehingga dapat meningkatkan nilai jual produknya," harapnya.

Pelatihan Kriya, Cornelia Lina menuturkan,  selain menggunakan bahan serat alam dan anyaman, para peserta juga diajarkan membuat produk kerajinan menggunakan batik Kota Depok. Hal tersebut bertujuan untuk melestarikan batik khas Kota Depok.

"Batik Kota Depok kalau dijual dalam bentuk lembaran kain atau dibuat baju harganya cukup bersaing. Untuk itu, saya mengaplikasikan batik Kota Depok dengan produk kriya, seperti tas, taplak meja, boneka, tempat Alquran, dan lainnya," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement