Kamis 25 Jul 2019 15:19 WIB

Owa Jawa Dilepasliarkan di Cagar Alam Situ Patenggang

Sepasang Owa Jawa tersebut dinamai Boris dan Inge.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas membawa Owa Jawa (Hylobates Moloch) untuk dilepasliarkan di Kawasan Cagar Alam Situ Patengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/7/2019).
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Petugas membawa Owa Jawa (Hylobates Moloch) untuk dilepasliarkan di Kawasan Cagar Alam Situ Patengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Jawa Barat bersama Aspinal Foundation melepasliarkan sepasang Owa Jawa yang terancam punah di kawasan cagar alam Situ Patenggang, Rancabali, Kabupaten Bandung, Kamis (25/7). Sepasang Owa Jawa tersebut dinamai Boris dan Inge.

Direktur Aspinal Foundation, Made Wedana mengatakan kawasan Cagar Alam Situ Patenggang dipilih karena berdasarkan informasi Owa Jawa terakhir dijumpai pada tahun 1980an. Dengan pelepasliaran diharapkan bisa mengembalikan keberadaa Owa Jawa di kawasan tersebut.

 

"Boris adalah Owa Jawa yang disumbangkan oleh Kebun Binatang Bali dan Inge Owa Jawa yang diselamatkan tim BBKSDA Jabar bersama tim penyelamatan satwa di Sukabumi," ujarnya, Kamis (25/7).

 

Ia menuturkan, Owa Jawa jantan Boris telah berumur 9 tahun dan sempat dikirim ke pusat rehabilitasi primata Jawa di Patuha pada 9 Agustus 2018. Kemudian, Inge, Owa Jawa betina yang berumur 5 tahun dipindahkan dari PPS Cikananga ke pusat rehabilitasi pada 9 Oktober 2018 silam.

 

"Kedua owa setelah memasuki proses rehabilitasi mulai dikenalkan dan dipasangkan. Mereka menunjukan respon bagus pada saat pengenalan dan pembentukan pasangan," katanya.

 

Melihat kondisi tersebut, menurutnya keduanya dinilai siap dilepasliarkan ke habitatnya. Pihaknya bersama BBKSDA dan tim lainnya akan melakukan pemantauan intensif selama satu tahun ke depan.

 

"Kami berharap pasangan Boris dan Inge berhasil beradaptasi dan berkembang biak seperti di tempat lain," katanya. Made menambahkan, Owa Jawa adalah salah satu jenis primata endemok Jawa yang terancam punah.

 

Menurutnya, berdasarkan International Union For Conservation of Nature (IUCN) populasibya yang tersebar di alam hanya 2500 ekor dan tersebar di kawasan konservasi dan hutan lindung di Jawa Barat dan sebagian kecil di hutan di Jawa Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement