Selasa 16 Jul 2019 19:20 WIB

Mensos Siapkan Bantuan untuk Korban Gempa di Bali

Mensos sedang menghitung dampak gempa di Bali.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Wisatawan memotret reruntuhan tebing akibat gempa bumi di kawasan obyek wisata Pantai Melasti, Badung, Bali, Selasa (16/7/2019).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Wisatawan memotret reruntuhan tebing akibat gempa bumi di kawasan obyek wisata Pantai Melasti, Badung, Bali, Selasa (16/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang mengungkapkan tengah menggerakkan tim untuk menghitung akibat gempa bumi yang terjadi di Provinsi Bali hari ini. Langkah tersebut sebagai upaya respons atas korban bencana yang membutuhkan bantuan di sana.

"Sekarang seperti di Halmahera, Bali juga sedang di assesment (dihitung). Jadi di mana pun bencana di Indonesia, kami sudah sesuai SOP-nya," katanya saat kunjungan kerja di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (16/7).

Baca Juga

Pihak Kemensos juga telah menyiapkan bantuan logistik bagi para korban bencana. Kebutuhan yang secara khusus disiapkan ialah tenda, makanan darurat, pakaian dalam, air.

"Pengungsi sudah kami siapkan tenda. Termasuk dapur umurnya sudah kami deploy (terjunkan), juga berkaitan pakaian, khusus pakaian dalam ibu-ibu, anak anak ada disiapkan," ujarnya.

Ia menekankan penyaluran bantuan ke Bali sudah sesuai mekanisme di Kemensos. Ia menjelaskan bantuan yang disalurkan didasarkan pada hasil perhitungan dampak.

"Tentu sistem sudah berjalan dengan baik di Kemensos. Tinggal tunggu penyaluran dari assesment (perhitungan). Berapa besar bantuan dan bencana disalurkan disesuaikan dengan assesment itu," ucapnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement