Ahad 07 Jul 2019 06:47 WIB

Menlu Retno Berbelasungkawa Atas Wafatnya Sutopo

Teuku Faizasyah mengatakan, surat kepulangan jenazah Sutopo sedang diurus.

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) - Sutopo Purwo Nugroho
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) - Sutopo Purwo Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri telah mengonfirmasi meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Ahad (7/7). Menurut informasi dari Kemenlu, Sutopo meninggal di Guangzho, China sekiar pukul 02.20

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah mengatakan, Konjen RI dan tim KJRI Guangzho sudah berada di rumah sakit dan bertemu dengan istri almarhum.

Baca Juga

"Surat-surat kepulangan jenazah sedang diurus," ujar Teuku Faizasyah kepada Republika.co.id, Ahad.

Ia menambahkan, Menlu RI Retno P Marsudi sudah melakukan pembicaraan langsung dengan istri almarhum dan menyampaikan ucapkan duka cita. Pemerintah, jelas ia, akan semaksimal mungkin membantu mamfasilitasi pemulangan jenazah.

Kabar meninggalnya Sutopo dikonfirmasi langsung oleh sang istri, Retno Utami. Retno  yang berbicara melalui nomor yang digunakan Sutopo menyatakan, saat ini ia masih berada di Guangzhou menemani Sutopo.

"Iya, mohon dimaafkan segala kesalahannya ya," kata istri Sutopo, Retno Utami sambil terisak ketika dihubungi Republika.co.id melalui sambungan telepon, Ahad (7/7) dini hari.

Ia mengaku belum mengetahui kapan sosok yang beberapa waktu lalu meraih 'Tokoh Perubahan Republika 2018' itu bakal dipulangkan ke Indonesia.  Retno akan berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal RI di Cina.  "Diusahakan secepatnya (dipulangkan), akan berkoordinasi dulu dengan Konjen di sini," kata Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement