Senin 01 Jul 2019 18:06 WIB

Bandung Barat Kembangkan Destinasi Wisata di Cikalongwetan

Potensi wisata di Cikalongwetan termasuk Sendang Geulis, Bukit Senyum, Lembang Dano

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aktivitas pengunjung di tempat wisata Taman Bunga Begonia, Jalan Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (7/6).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Aktivitas pengunjung di tempat wisata Taman Bunga Begonia, Jalan Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (7/6).

REPUBLIKA.CO.ID, NGAMPRAH -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat tengah mengembangkan destinasi wisata di wilayah Cikalongwetan. Beberapa objek wisata alam yang memiliki potensi yaitu Sendang Geulis Kahuripan, Bukit Senyum dan Lembang Dano. Keberadaannya kurang maksimal terperhatikan karena akses jalan yang rusak.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan di Sendang Geulis Kahuripan terdapat mata air yang jernih dan terdapat kolam renang. Sementara itu, objek wisata Bukit Senyum dan Lembang Dano akan ditata ulang agar menarik pengunjung datang.

"Target penataan ulang beres 2020 dan akses jalan diharapkan mulus," ujarnya, Senin (1/7). Menurutnya, jika semua sudah bagus maka pengunjung wisata bisa meningkat.

Ia mengatakan, rata-rata wisatawan yang berkunjung ke objek destinasi tersebut diangka 250 orang. Sehingga apabila sudah bagus maka diharapkan bisa mencapai 1000 orang.

Dirinya mengatakan pengelolaan ketiga tempat wisata itu dilakukan oleh perusahaan daerah agar bisa meningkatkan PAD. Ia menambahkan, tidak lama lagi pembukaan gerbang tol di Cikalongwetan diharapkan dapat segera terealisasi.

Sehingga aa mengatakan wisatawan dari Jabodetabek tidak perlu keluar di wilayah Pasteur untuk mengakses kawasan wisata di Lembang. "Nanti yang mau ke Lembang tidak perlu lewat Pasteur. Lewat exit tol di Cikalongetan, Cisarua, terus ke Lembang, balik lagi ke Cikalongwetan," katanya.

Aa mengatakan pengembangan destinasi wisata baru akan dilakukan di wilayah Cipeundeuy dan Padalarang, termasuk di daerah selatan. Pihaknya menargetkan Bandung Barat dapat masuk dalam 3 besar destinasi favorit wisatawan nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement