Ahad 30 Jun 2019 19:04 WIB

Anggaran Jakarnaval Capai Rp 3 Miliar, Ini Kata Anies

Banyak warga yang menghadiri Jakarnaval di Jalan Merdeka Selatan hingga MH Thamrin

Rep: Mimi Kartika/ Red: Nidia Zuraya
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membuka Jakarnaval dalam rangkaian memperingati HUT ke-492 DKI Jakarta di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Ahad (30/6).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membuka Jakarnaval dalam rangkaian memperingati HUT ke-492 DKI Jakarta di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Ahad (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelontorkan dana Rp 3 miliar untuk menyelenggarakan Jakarnaval 2019. Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, dana yang dikeluarkan dari APBD 2019 itu tak begitu saja digunakan melainkan berputar di masyarakat.

"Dan ini contoh ketika pemerintah menganggarkan Rp 3 miliar, artinya Rp 3 miliar itu berputar di masyarakat lewat sanggar, kegiatan-kegiatan seni," ujar Anies usai membuka parade Jakarnaval di Balai Kota, Jakarta Pusat, Ahad (30/6).

Baca Juga

Ia menjelaskan, anggaran Jakarnaval ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendorong perekonomian masyarakat. Menurut dia, cara seperti itulah Pemprov bisa merangsang pertumbuhan perekomian terutama di bidang industri kreatif dan pariwisata

Di samping itu, lanjut Anies, tercipta sektor-sektor lain yang ikut tumbuh sehingga membuka lapangan pekerjaan. Jakarnaval tak hanya kegiatan mengekspresikan seni budaya tetapi kata Anies, Jakarnaval juga menggerakkan perekonomian khususnya sektor informal, mikro, dan kecil.

"Alhamdullilah ini bukan saja merupakan kesempatan untuk eskpresi seni budaya, tapi juga ini merupakan kegiatan yang menggerakkan perekonomian, utamanya ekonomi sektor informal, mikro dan kecil," kata dia.

Sebab, lanjut Anies, banyak warga Ibu Kota yang menghadiri Jakarnaval ini di sekitar Jalan Merdeka Selatan hingga Jalan MH Thamrin. Dengan begitu, kegiatan ini mengundang orang berdagang, berjualan, dan menurutnya semua masyarakat merasakan manfaat Jakarnaval.

Ia mengatakan, lebih dari 65 kontingen kendaraan hias dan sekitar 3.500 peserta memeriahkan Jakarnaval 2019 ini. Kegiatan ini menjadi bagian dari perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement