Rabu 26 Jun 2019 11:26 WIB

Aceh Barat Tertibkan Ruko Ubah Fungsi Jadi Penangkaran Walet

Sejumlah ruko di Aceh Barat berubah fungsi menjadi penangkaran sarang burung walet.

 Pekerja penangkaran burung walet menyortir sarang walet selepas panen.
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Pekerja penangkaran burung walet menyortir sarang walet selepas panen.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mulai menertibkan sejumlah rumah toko (ruko). Selama ini, ruko tersebut diubah fungsinya menjadi penangkaran sarang burung walet.

"Penertiban ini harus dilakukan karena tindakan mengubah fungsi ruko menjadi penangkaran burung walet tidak sesuai dengan izin mendirikan bangunan (IMB) yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah daerah," kata Pj Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP WH) Kabupaten Aceh Barat, Azim kepada Antara, Rabu di Meulaboh.

Selama ini, pihaknya banyak mendapatkan laporan dari masyarakat yang merasa resah dengan ubah fungsi rumah toko dan tempat usaha menjadi penangkaran burung walet. Atas dasar keluhan tersebut, pemerintah daerah kemudian mengeluarkan imbauan agar pemilik ruko segera mengembalikan ruko yang sudah telanjur dijadikan penangkaran burung sesuai dengan izin yang berlaku.

"Kami juga sudah menyiapkan tim terpadu untuk melakukan penertiban, kalau pemilik ruko membandel, IMB-nya akan diicabut," kata Azim.

Meski belum mengambil tindakan tegas, pemerintah daerah berharap para pemilik ruko segera menyesuaikan fungsi bangunan tersebut sebagai rumah tinggal dan tempat usaha sesuai izin yang diterbitkan pemerintah setempat. Apabila tidak mengikuti instruksi tersebut, Azim mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement