Jumat 21 Jun 2019 07:37 WIB

Puncak HUT DKI Digelar di Bundaran HI

Jakarnaval akan dibagi dua rute yaitu parade jalan kaki dan kendaraan hias.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta menyelesaikan pembuatan mural di terowongan Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Pembuatan mural tersebut dalam rangka untuk menyemarakan HUT DKI Jakarta ke-492.
Foto: Antara
Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta menyelesaikan pembuatan mural di terowongan Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Pembuatan mural tersebut dalam rangka untuk menyemarakan HUT DKI Jakarta ke-492.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengadakan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta. Puncak acara diselenggarakan pada 22 Juni 2019 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

"Pada 22 Juni sesuai arahan Gubernur, akan mengadakan kegiatan Jakarta Night Festival juga Jakarta Kreatif Night. Di mana rencananya kita akan membuat panggung yang berada di Bundaran HI," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta, Premi Lasari, Kamis (20/6).

Ia memaparkan, rangkaian acara HUT sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari seperti Jakarta Great Sale dan Jakarta Fair Kemayoran. Untuk puncak perayaan acaranya akan digelar mulai 21-23 Juni 2019.

Premi melanjutkan, saat ini panitia penyelenggara tengah menyiapkan panggung dengan teknologi screen laser di kedua sisinya. Direncanakan, panggung utama akan disiapkan di kawasan Bundaran HI dengan menampilkan artis-artis Ibu Kota.

"Kita juga akan menghadirkan artis-artis Ibu Kota kemudian berkolaborasi dengan pihak lain di tanggal 22 Juni itu, itu puncaknya," kata Premi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berharap rangkaian acara HUT DKI Jakarta kali ini dapat memajukan perekonomian di Ibu Kota. Sekaligus mendekatkan warga Jakarta dengan berbagai karya seni.

"Bahkan harapannya, bisa mendatangkan turis domestik maupun mancanegara. Jadi, saya mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi, menikmati rangkaian acara yang telah kami siapkan, dan mendukung berbagai karya anak Jakarta, karya bangsa kita ini," ujar Anies.

Sehingga, kata Anies, karya anak bangsa semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal. Acara perayaan akan dimulai pada 21 Juni dengan dilaksanakan pembuatan mural di Terowongan Kendal dimulai pukul 16.00 WIB.

Acara ini diikuti mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina, bekerja sama dengan iMural. Mereka akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara (bagian kiri dari arah stasiun MRT) dengan tema Wajah Baru Jakarta. Live Mural diadakan 17-21 Juni 2019, mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Acara ini terselenggara atas dukungan BRI Peduli.

Juga digelar Semasa Piknik oleh Semasa di Kota Tua dan Pasar Raya Keliling Volume 2 oleh Sadari Sedari. Acara ini menjadi sebuah wadah bagi pelaku ekonomi kreatif. Bazar kreatif kali ini dilaksanakan di luar ruangan (outdoor) dan berkonsep piknik, sehingga bertajuk Semasa Piknik.

Warga dapat melihat, membeli, dan menikmati berbagai produk kreatif di acara ini, mulai dari pakaian, keramik, hingga kuliner. Lebih dari 60 pembuat produk kreatif yang akan ikut berpartisipasi.

Kemudian ada juga penampilan musik, gelar wicara, dan pameran instalasi lingkungan. Seluruh keuntungan akan didonasikan kepada LKSA Nurul Ihsan dan Skola Lipu di Sulawesi Tengah.

Kedua acara ini akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019, dimulai pukul 10.00-18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB. Pasar kreatif di Lapangan Banteng ini terlaksana atas dukungan Pasar Jaya, BRI Peduli, Gojek, dan Shopee.

Sedangkan pada malam puncak HUT ke-492 Jakarta digelar di Bundaran HI, pada 22 Juni 2019. Acara ini memadukan unsur tradisional dan teknologi, dengan menampilkan tari tradisional, lagu dan kostum tradisional secara kolosal, serta pertunjukan video mapping, water screen, dan immersive.

Acara akan dibagi menjadi tiga babak, mulai dari Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, hingga Wajah Baru Jakarta. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali. Malam puncak HUT ke-492 Kota Jakarta, Wajah Baru Jakarta akan ditayangkan secara live streaming di beberapa portal berita daring.

Jakarnaval juga kembali digelar untuk memeriahkan HUT ke-492 Jakarta, tepatnya pada 30 Juni 2019, pukul 15.30-22.00 WIB. Parade kesenian kali ini bertema Wajah Baru Jakarta, meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musisi Ibu Kota, seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade dengan berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di perempatan depan Sarinah untuk kembali ke arah Monas dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas.

Sementara parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balai Kota Jakarta, mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, kembali ke arah Jalan Medan Merdeka Utara. Kemudian melewati Patung Arjuna Wijaya dan mengakhiri parade di depan kantor RRI. Parade akan dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement