Selasa 21 May 2019 16:33 WIB

Tiket Pesawat Mahal, Irwan: Perantau Minang Bisa Jalan Darat

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan kondisi jalan darat sangat memadai.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Reiny Dwinanda
Foto udara Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jambi-Sumbar di Bungo, Jambi, Sabtu (18/5/2019).
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Foto udara Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jambi-Sumbar di Bungo, Jambi, Sabtu (18/5/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengatakan, kondisi transportasi darat dari dari dan menuju provinsinya saat ini sangat memadai. Menurut Irwan, transportasi darat bisa jadi alternatif bagi perantau dari Minangkabau untuk mudik dalam kondisi tiket pesawat yang mahal sejak akhir 2018 lalu.

"Travel-travel, PO bus semakin meriah dan murah. Jadi ada cara untuk mengakali tiket pesawat mahal," kata Irwan di Kantor Gubernur, di Kota Padang, Selasa (21/5).

Baca Juga

Irwan menyebut sejak harga tiket pesawat melambung tinggi ketika hari normal, Pemprov Sumbar telah berulang kali menyurati pihak Kementerian Perhubungan dan markapai BUMN Garuda agar menurunkan tiket dari dan menuju Padang. Akan tetapi, upaya Pemprov ini tidak memberikan dampa signifikan.

Irwan pun menyerukan agar warga menyikapinya dengan menaiki transportasi alternatif lain. Irwan mengatakan, bila banyak perantau Minangkabau yang mudik dengan transportasi darat, maka itu akan memberikan dampak positif bagi perusahaan bus dan travel serta restoran-restoran Padang yang berada di sepanjang jalan, terutama di jalan lintas Sumatera.

"Restoran di sepanjang jalan arus mudik akan hidup bila pemudik jalur darat ramai," ujar Irwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement