Selasa 14 May 2019 18:54 WIB

Pemprov DKI dan Yayasan Berbagi Buka Bersama di 242 RT

Buka puasa bersama menggunakan anggaran Rp 1 miliar.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Dwi Murdaningsih
Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan buka bersama dengan tema indahnya berbagi kampungnya berseri.
Foto: rumah zakat
Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan buka bersama dengan tema indahnya berbagi kampungnya berseri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan buka puasa bersama pada Ramadhan 2019 akan dilakukan di 242 RT di lima wilayah Ibu Kota. Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Baznas Bazis DKI serta Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR), dan Yayasan Rumah Zakat.

"Alhamdulillah hari ini kita kembali menjalankan kegiatan buka bersama Jakarta Bahagia. Di kerja sama kali ini ada unsur pemerintah, lalu unsur masyarakat," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Ia mengatakan, buka puasa bersama ini sebagai bentuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan dan kekurangan. Menurutnya, ada ketimpangan antara warga di dalam perkotaan termasuk Jakarta.

Anies juga mengajak warga turut serta membantu masyarakat yang kekurangan makanan berbuka puasa. "Perlu saya garis bawahi, Jakarta ini ada ironi. Sebagian bisa berbuka puasa dengan makanan yang sering berlebih (dan), sebagian justru berbuka dalam kondisi kekurangan," katanya.

Pemprov DKI melalui setiap Wali Kota melakukan perjanjian kerja sama (PKS). Berupa penyediaan konsumsi sebanyak 100 paket per RT seharga 25.000 rupiah per paket, minimal selama lima hari pada masing-masing RT dalam kurun waktu 15 sampai 27 Mei 2019. 

Pelaksanaan dapat lebih dari lima hari apabila semakin banyak donasi atau sumbangan yang masuk dari elemen masyarakat. Pelaksanaan kegiatan buka puasa bersama ini mendapatkan dana dukungan dari Baznas Bazis DKI Jakarta sebesar Rp 1 miliar yang dibagi ke tiga yayasan tersebut.

Adapun lokasi pelaksanaan buka puasa bersama diantaranya Yayasan ACT di 28 RT di Jakarta Timur, 50 RT di Jakarta Utara, dan empat RT di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu. Yayasan Dompet Dhuafa Republika melakukannya di 72 RT di Jakarta Barat dan empat RT di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Sementara Rumah Zakat akan melaksakan buka puasa bersama di 30 RT Jakarta Selatan, 48 RT di Jakarta Pusat, dan enam RT di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Sedangkan, penentuan masjid atau tempat pelaksanaan pada lokasi tersebut berdasarkan kesepakatan masing-masing

Masing-masing Yayasan juga diharuskan menyediakan posko umum bagi masyarakat yang ingin menyumbang. Sumbangan dalam bentuk beras, bumbu, sayuran, atau bentuk lainnya dalam rangka mendukung acara buka puasa bersama khususnya dengan masyarakat kurang mampu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement