Jumat 10 May 2019 13:32 WIB

Eggi Tersangka, Wiranto: Melanggar Dihukum, Gitu Kok Susah

Wiranto menegaskan, tokoh manapun yang melanggar pasti diproses hukum.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menilai penetapan tersangka Eggi Sudjana dalam kasus dugaan makar sudah sesuai prosedur hukum yang berlaku. Ia menegaskan, tidak ada pengecualian bagi para pelanggar hukum.

"Ya kalau dihukum ya dihukum. Gitu aja kok susah amat sih. Semua orang tahu siapapun yang melanggar hukum dihukum," ujar Wiranto saat ditemui wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (10/5).

Baca Juga

Wiranto menegaskan aturan yang berlaku di Indonesia sebagai negara hukum. Karenanya, ia meminta semua pihak mematuhi kaidah-kaidah hukum di negeri ini.

"Ada hukum yg mengawal negeri ini. Tokoh manapun siapapun kalau sudah melanggar batas-batas kaidah hukum ya dihukum. Udah, titik," ujar Wiranto.

photo
Eggi Sudjana (kemeja putih) saat memenuhi panggilan polisi di Mapolda Metro Jaya, Jumat (26/4).

Sebelumnya, Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka dalam perkara tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara atau makar dan atau menyiarkan berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan.

Hal itu tertuang dalam Pasal 107 KU HP dan atau Pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement