Rabu 24 Apr 2019 16:20 WIB

Objek Wisata Purbasari Bangun Masjid Apung

Masjid Apung akan dibangun di dekat wahana Kolam Wisata Praon.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Masjid
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Objek wisata Purbasari Pancuran Mas akan menambah wahana baru berupa Masjid Apung. Wahana ini akan dibangun di dekat wahana Kolam Wisata Praon.

''Masjid apung ini rencananya akan dibangun 3 lantai, lantai pertama untuk pusat oleh-oleh Purbalingga, lantai dua untuk ruang pertemuan, dan lantai tiga untuk masjid,'' jelas Humas Marketing Purbasari Pancuran Mas, Dewi, Rabu (24/4).

Baca Juga

Dia mengatakan, proses pembangunan gedung berlantai tiga ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, dan diharapkan selesai pada awal tahun 2020. ''Kami membangun masjid apung karena pengunjung Purbasari dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga fasilitas tempat ibadah yang sekarang perlu diperbesar,'' jelasnya.

Menurutnya, masjid apung ini juga bisa dimanfaatkan oleh para awak bus untuk beribadah, tanpa harus masuk ke lokasi wisata. ''Masjid juga sebagai pendukung pengembangan obyek wisata dengan memperhatikan nilai-nilai syariah yang sedang kami kembangkan,'' katanya.

Dia menyebutkan, untuk mengakomodir nilai-nilai syariah, pengelola obyek wisata Purbasari juga sudah memiliki kolam renang khusus syar’i. Yakni, kolam renang yang hanya diperuntukkan bagi kaum wanita.

Selain itu, pihaknya juga telah membangun homestay yang hanya bisa dimanfaatkan oleh keluarga dan orang-orang yang sah sebagai suami isteri. ''Dalam mengembangkan obyek wisata, manajemen Purbasari memang selalu berpatolakan pada nilai-nilai syariah,'' jelasnya.

Selain pengembangan wahana, Dewi menyatakan, saat Purbasari juga memiliki atraksi wisata yang digelar pada saat-saat tertentu. Apntara lain, paket wisata Purbasari Nuansa Malam (Purnama) yang dibuka pukul 18.00 sampai pukul 22.00 WIB. ''Dalam paket wisata ini, kita menyuguhkan atraksi pemberian makan ikan raksasa, makan malam, dan hiburan tradisional,'' jelasnya.

Selain itu, juga ada paket camping ground dengan fasilitas tenda besar, velbed, snack, bantal, selimut dan makan pagi. ''Saat ini, kita juga sudah memiliki beberapa wahana yang populer, seperti aquarium eksotik, nusantara, metayosuka, ada taman unggas ada terapi ikan taman bermain ada konservasi rusa, istana burung, serta kolam renang yang berjumlah lima buah,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement