Sabtu 13 Apr 2019 19:38 WIB

Lampu Tenaga Surya akan Terangi Jalan di Kerinci

Di Kerinci sudah ada 67 PJU-JS.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Dwi Murdaningsih
Peresmian lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi.
Foto: Republika/Flori Sidebang
Peresmian lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi.

REPUBLIKA.CO.ID, KERINCI, JAMBI -- Jalan raya di Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi kini diterangi oleh lampu tenaga surya. Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) telah membangun lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di 67 titik daerah tersebut.

Inspektur Jenderal ESDM, Akhmad Syakhroza mengatakan, dengan menggunakan lampu tenaga surya itu membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan pemerintah. Salah satunya bagi PLN.

"(PJU-TS) Tidak tergantung pada pembangkit listrik PLN, jaringan PLN, dan transmisi PLN. Jadi kalau PLN menghadapi kendala, seperti bencana alam atau pohon tumbang, tidak berpengaruh terhadap penerangan masyarakat di sekitar (yang menggunakan) PJU-TS," kata Akhmad usai meresmikan PJU-TS di halaman kantor Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi, Sabtu (13/4).

Selain itu, Akhmad menambahkan, dengan menggunakan PJU-TS tersebut dapat menghemat biaya pengeluaran dari pemerintah daerah dan juga PLN sebanyak 100 persen. Sehingga biaya itu dapat dialokasikan terhadap pembangunan daerah yang lainnya.

Ia juga menyebut, program ini akan menjadi program andalan. Nantinya, kata dia, pihaknya akan terus menambah jumlah PJU-TS.

Sementara itu, Bupati Kerinci, Adirozal mengatakan, pengadaan PJU-TS ini merupakan yang pertama di Provinsi Jambi. Hadirnya PJU-TS ini juga membawa dampak yang sangat positif bagi masyarakat.

"Ketika kemarin listrik sempat terputus 4 atau 5 hari karena ada gangguan, maka yang PJU-TS sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama untuk masyarakat beribadah," ujarnya.

Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Sehingga dapat menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

Tahun 2018, program ini telah direalisasikan di 26 provinsi, dan di 166 kabupaten. Dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.839 titik atau setara dengan melistriki jalan sepanjang 1.091 km jika dibentangkan secara lurus dengan jarak antar tiang 50 meter. Di Provinsi Jambi pada tahun 2018 telah dibangun PJU-TS sebanyak 67 titik, yang terletak di Kabupaten Kerinci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement