Jumat 12 Apr 2019 15:33 WIB

Perjalanan KRL Bekasi Terlambat Imbas Operasi Rel Dwi Ganda

Untuk mengurai antrean, KCI melakukan rekayasa pola operasi KRL.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Friska Yolanda
Sejumlah alat berat dioperasikan untuk mengerjakan pembangunan proyek rel dwiganda atau Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang di kawasan Jatinegara, Jakarta, Senin (17/12).
Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Sejumlah alat berat dioperasikan untuk mengerjakan pembangunan proyek rel dwiganda atau Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang di kawasan Jatinegara, Jakarta, Senin (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengoperasian jalur kereta api dwi ganda atau double-double track (DDT) lintas Jatinegara-Cakung berimbas Ld keterlembatan sejumlah perjalanan kereta rel listrik (KRT). PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) menyatakan, perjalanan KRL rute Jakarta Kota-Bekasi/Cikarang mengalami keterlambatan.

"Hal ini merupakan imbas jalur di lintas tersebut ditutup sementara pada tengah malam hingga dini hari tadi," ujar ujar VP Komunikasi PT KCI Erni Sylviane Purba dalam siaran pers, Jumat (12/4).

Baca Juga

Ia menjelaskan, sampai saat ini seluruh perangkat terkait switch over terpantau berfungsi normal. Kendati demikian, proses mengurai antrean KRL maupun kereta api lainnya diperkirakan masih akan berlangsung hingga sore ini. 

Erni mengatakan, untuk mengurai antrean dan mengurangi keterlambatan, PT KCI akan melakukan rekayasa pola operasi pada KRL lintas Bogor-Jatinegara PP maupun Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota PP. Ia pun mengimbau para pengguna KRL selalu memantau informasi terkait jadwal kereta dan tujuan akhir.

"Diimbau untuk memperhatikan informasi di stasiun maupun di dalam KRL untuk memastikan tujuan akhir keretanya," kata Erni.

Ia menambahkan, bagi pengguna KRL lintas Bekasi atau Cikarang yang tidak dapat menunggu, PT KCI mengimbau untuk dapat mempertimbangkan pilihan transportasi alternatif. Sementara, bagi pengguna yang tetap menggunakan KRL untuk selalu mengutamakan keselamatan.

"Dengan tidak memaksakan diri naik ke dalam KRL yang sudah penuh, dan tidak berdesakan," imbuh dia.

Sebelumnya, KCI telah mengumumkan akan melakukan uji coba jalur rel dwi ganda (double-double track) lintas Jatinegara-Cakung pada Jumat (12/4). Pemerintah melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan melaksanakan switch over pengaktifan jalur rel dwi ganda pada Kamis malam hingga Jumat dini hari.

"Untuk alasan keselamatan dan keperluan teknis pekerjaan switch over tersebut maka akan ada penyesuaian jadwal KRL lintas Jakarta Kota-Bekasi," ujar Erni.

Ia mengatakan, ada beberapa perjalanan kereta yang dibatalkan. Berikut rincian pekerjaan switch over.

1. KA 1460 (Jakarta Kota-Bekasi) jadwal berangkat dari Stasiun Jakarta Kota pukul 23.35 WIB, perjalanan dibatalkan.

2. KA 1467A (Bekasi-Jakarta Kota) jadwal berangkat dari Stasiun Bekasi pukul 23.34 WIB, perjalanan dibatalkan.

3. KA 1456 (Jakarta Kota-Bekasi) khusus pada Kamis (11/4) adalah sebagai KRL tujuan Bekasi terakhir dengan jadwal berangkat dari Stasiun Jakarta Kota yang biasanya pukul 23.15 WIB disesuaikan menjadi pukul 23.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement