Sabtu 06 Apr 2019 09:21 WIB

UMM Gelar Festival Kebangsaan II

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Festival Kebangsaan II.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Teguh Firmansyah
UMM menggelar Festival Kebangsaan II, Sabtu (6/4).
Foto: Wilda
UMM menggelar Festival Kebangsaan II, Sabtu (6/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menghadiri Festival Kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (6/4). Festival Kebangsaan II merupakan sebuah kegiatan untuk merayakan nilai-nilai kebangsaan sekaligus untuk mempersatukan gagasan.

“UMM ingin berperan aktif dalam bridging the gap, menjembatani jarak antar perbedaan menuju kebersamaan,” kata Rektor UMM Fauzan.

Menandai momentum ini, UMM juga akan meluncurkan infrastruktur terbaru yang tuntas dibangun pada 2019 ini. Fasilitas tersebut berupa Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV, Hotel Pendidikan Kapal Garden Hotel, jembatan, dan Rumah Susun Mahasiswa di lingkungan Rumah Sakit UMM. Momentum ini akan diresmikan oleh tokoh nasional yang memiliki perhatian pada isu keberagaman.

Adapun tema Festival Kebangsaan terkait “Mengukuhkan Semangat Kebhinekaan menuju Indonesia Berkemajuan”.

Kehadiran Jusuf Kalla, kata ia, atas pertimbangan kontribusinya pada harmonisasi kehidupan Kebinekaan. "Serta kedekatannya dengan Muhammadiyah," tambah Fauzan dalam pesan resmi yang diterima Republika.co.id, Sabtu (6/4).

Jusuf Kalla, tepat di hari peringatan Milad Persyarikatan Muhammadiyah beberapa waktu lalu mendaptakan anugera Muhammadiyah Award.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, penganugerahan itu sebagai wujud penghargaan tertinggi atas dedikasinya kepada bangsa.

Penghargaan tertinggi tersebut diberikan kepada Jusuf Kalla sebagai tanda terima kasih dan penghormatan PP Muhammadiyah. Jusuf Kalla dinilai sebagai tokoh bangsa yang sangat berperan penting dan penuh pengabdian dalam menyelesaikan konflik serta membangun perdamaian serta kemanusiaan.

"Jusuf Kalla telah menggoreskan sejumlah kepeloporan dan kiprah nyata dalam merekat integrasi nasional," kata Haedar.

Menurut Haedar, kedekatan Jusuf Kalla dengan organisasi Muhammadiyah sudah berlangsung lama. Bukan tanpa sebab, Jusuf Kalla mengaku sejak kecil dibesarkan dalam lingkungan keluarga Muhammadiyah.

Bahkan Sang Ibu, Athirah Kalla, pernah tercatat sebagai pengurus Aisyiyah di Makassar. Bagi Jusuf Kalla, Aisyiyah sudah menjadi pelopor bagi negara, terutama dalam bidang pendidikan dan gerakan perempuan.

Lawatan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke Kampus Putih sebetulnya pernah dilakukan sebelumnya di 2014. Jusuf Kalla datang ke UMM bersama Megawati dalam kesempatan penganugerahan UMM Award untuk Tokoh Bangsa yang menjatuhkan pilihan kepada suami Megawati, Muhammad Taufiq Kiemas. Jusuf Kalla ketika itu berstatus sebagai Wakil Presiden RI ke-10.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement