Selasa 02 Apr 2019 22:10 WIB

Freeport Bantu Pemerintah Rehabilitasi Sentani

Rehabilitasi cagar alam Cycloop dan DAS untuk mencegah terjadinya banjir bandang.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Satria K Yudha
Sungai Gunung Cyclop, Sentani Pascabanjir Bandang
Foto: Republika TV/Umar Mukhtar
Sungai Gunung Cyclop, Sentani Pascabanjir Bandang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - PT Freeport Indonesia membantu pemerintah untuk melakukan rehabilitasi kawasan pegunungan Cycloop dan pemulihan daerah aliran sungai Sentani, Jayapura, Papua. Pada Senin (1/4),  Presiden Direktur Freeport Indonesia  Tony Wenas ikut menandatangani nota kesepahaman terkait rehabilitasi tersebut bersama kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Nota kesepakatan yang ditandatangani itu menjadi  pedoman bersama dalam mendukung pelaksanaan kegiatan rehabilitasi kawasan pegunungan Cycloop secara terencana, terpadu, dan menyeluruh. Selain menjadi pedoman bersama, tujuan kesepakatan ini adalah menyinergikan program dan pelaksanaan kegiatan para pihak dalam rehabilitasi kawasan pegunungan Cycloop.

Selain ikut langsung terlibat membantu korban bencana di Sentani, Freeport Indonesia akan turut membantu pemerintah dalam hal perawatan hutan di area Cycloop. “Dalam hal ini kami sudah berkoordinasi dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo, Bupati Jayapura Matius Awoitauw untuk penanganan ke depan dalam rangka perlindungan daerah Cycloop agar tidak terulang bencana alam serupa,” ujar Tony Wenas dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (2/4).

Freeport Indonesia, ujar dia, telah melakukan diskusi dengan Kepala BNPB  untuk ikut dalam program penanaman kembali pohon dan mendukung pengelolaan cagar alam Cycloop. “Kami berharap, seluruh pemangku kepentingan di Papua dapat bahu membahu mengambil bagian dalam menanggulangi dan mencegah kejadian ini (banjir) agar tidak terulang lagi,” kata Tony.

Presiden Joko Widodo saat meninjau Sentani dan menyaksikan penandatanganan MoU, memberi dukungan penuh terhadap rehabilitasi cagar alam Cycloop. “Selain jangka pendek dilakukan, jangka panjang berupa rehabilitasi Cycloop juga harus dilakukan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement