Sabtu 30 Mar 2019 19:30 WIB

TKN Pastikan Jokowi Siap Debat, Ini Materi yang Disiapkan

TKN sebut Jokowi akan singgung soal khilafah.

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Nashih Nashrullah
Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong.
Foto: Republika/Mahmud M
Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi Ma’ruf menegaskan kesiapan calon presiden 01 Joko Widodo dalam Debat Pilpres 2019 putaran keempat, Sabtu (30/3). 

"Sudah siap. Tinggal melaksanakan debat disertai doa," kata Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Maruf, Usman Kansong kepada Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (30/3). 

Baca Juga

Usman menjelaskan tiga isu yang akan disinggung oleh Jokowi. Pertama adalah soal ideologi negara. 

Usman mengiyakan, Jokowi akan menyinggung masalah ideologi Pancasila serta khilafah. Namun hal itu tidak akan diungkapkan secara spesifik. 

Kedua, masalah pertahanan dan keamanan. Pria lulusan Ilmu Komunikasi FISIP USU itu mengaku, Jokowi akan menyampaikan masalah pertahanan siber di era Revolusi Industri 4.0.  

"Akan disinggung masalah investasi industri pertahanan, tech driven reorganisasi TNI, kendali ruang pertahanan, dan keamanan siber," tutur Usman.  

Ketiga, masalah hubungan internasional. Usman menuturkan, Jokowi akan menyampaikan permasalahan Palestina. Hal itu merupakan sikap Jokowi sejak 2014. 

Debat sedianya akan dimulai pada pukul 20.00 di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3). Adapun tema dalam debat tersebut adalah Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan, Keamanan dan Hubungan Internasional.

Dikabarkan, debat keempat nanti memiliki berberapa perbedaan dengan debat ketiga yang lalu. Setiap sesi dalam debat yang mempertemukan Jokowi dan Prabowo akan diatur lebih ketat. Selain itu, akan ada sesi debat terbuka antara dua pasangan calon. Debat terbuka akan diberikan waktu 16 menit pada segmen keempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement