Ahad 17 Mar 2019 12:34 WIB

Sejumlah Menteri Bakal Saksikan Langsung Debat Cawapres

Sejumlah menteri dan pimpinan Ormas akan saksikan langsung debat Cawapres.

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan
Pasangan capres dan cawapres saat debat perdana pilpres.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pasangan capres dan cawapres saat debat perdana pilpres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah menteri Kabinet Kerja rencananya akan menyaksikan secara langsung jalannya debat cawapres di Hotel Sultan, Ahad (17/3). Selain itu, ada sejumlah pimpinan instansi dan lembaga yang rencananya juga hadir pada Ahad malam.

Pantauan Republika.co.id di lokasi debat, sudah ada sejumlah nama yang tercantum dalam kursi undangan. Nama-nama tersebut yakni Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin, Menteri Tenaga Ketenagakerjaan Hanif Dhakhiri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, hingga Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Baca Juga

Selain itu, KPU juga turut mengundang dua menteri koordinator di Kabinet Kerja yaitu, Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dan Menko Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.  Selain menteri-menteri, sejumlah pimpinan lembaga terkait dan tokoh masyarakat juga masuk daftar undangan KPU.

Di antaranya Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pada debat ketiga ini, KPU mengurangi jumlah kursi untuk pendukung paslon. Dua kubu pendukung paslon hanya diberi jatah masing-masing 75 kursi. Sementara itu, KPU mengalokasikan 350 kuota undangan untuk sejumlah pemangku kepentingan pemilu, seperti penyelenggara pemilu, hingga pimpinan lembaga legislatif.  Dengan demikian total tamu yang hadir di arena debat sebanyak 500 orang.

Sebagaimana diketahui, debat cawapres merupakan debat ketiga dalam rangkaian debat pilpres Pemilu 2019. Debat cawapres yang mempertemukan Maruf Amin dan Sandiaga Uno ini dilaksanakan di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad malam.

Dua jurnalis televisi, Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas, akan memandu jalannya debat nanti malam. Siaran langsung debat cawapres bisa disaksikan di Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV serta link streaming dari sejumlah portal media nasional mulai pukul 20.00 WIB.

Dalam debat nanti malam, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan menjawab sejumlah pertanyaan yang telah disusun oleh sembilan orang panelis. Kesembilan panelis tersebut yakni Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu, Pegiat Budaya yang merupakan mantan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh Samsul Rizal, Rektor UIN Sunan Kalijaga KH. Yudian Wahyudi, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Subhilhar, Budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement