Selasa 12 Mar 2019 18:58 WIB

Rusun di Purbalingga Sudah Siap Huni untuk Warga Miskin

Harga sewa rusun di Purbalingga dari Rp 250 ribu-Rp 400 ribu.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nur Aini
Rumah Susun alias Rusun (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Rumah Susun alias Rusun (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang belum memiliki rumah, bisa menyewa rumah susun yang dikelola Pemkab Purbalingga. Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinrumkim) Purbalingga, Zaenal Abidin, menyebutkan Rusun yang berlokasi di Jalan Walik Purbalingga tersebut, saat ini sudah dalam kondisi siap huni.

''Harga sewanya saya kira sangat terjangkau, tidak akan memberatkan kalangan MBR,'' ujarnya, Selasa (12/3).

Baca Juga

Dia menyebutkan, karena rusun tersebut terdiri dari 4 lantai, maka harga sewa kamar per lantai tidak dipatok seragam. Untuk rusun yang berada di lantai empat, harga sewanya dipatok Rp 250 ribu per bulan. Rusun di lantai tiga disewakan seharga Rp 300 ribu per bulan, lantai dua Rp 350 ribu per bulan, dan lantai dasar disewakan seharga Rp 400 ribu per bulan.

''Perbedaan harga sewa ini, bukan karena adanya perbedaan fasilitas. Melainkan, karena penyewa di lantai atas tentu harus menaiki tangga cukup panjang untuk mencapai rusunnya. Tipe ruangan rusun di seluruh lantai, juga tidak ada perbedaan, berukuran 3x6 meter persegi,'' katanya.

Agar dapat menyewa rusun tersebut, Zenal menyatakan, pendaftaran sudah dibuka sejak 8 Maret lalu, dan ditutup hingga 20 Maret 2019 mendatang. ''Silakan yang ingin mendaftar,'' kata Zaenal.

Zaenal juga menuturkan, lama sewa yang diberikan pemerintah pada penyewa adalah tiga tahun. ''Jika selama tiga tahun yang bersangkutan belum sanggup mempunyai rumah sendiri, sewa akan diperpanjang tiga tahun lagi,'' ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement